foodism

5 Makanan yang Nggak Boleh Dilewatkan Saat ke Palembang

cica 17 May 2017 09:30 WIB


(Foto: instagram.com/a.iwan.taruna)

Apa yang lebih terkenal dari pempek saat berkunjung ke Palembang? Banyak! Yang sering muncul ke permukaan mungkin hanya pempek, namun, di balik itu semua, ada beberapa makanan yang tak terungkap. Hayoo.. Kamu tahu nggak makanan apa saja? Tentunya nggak cuma pempek aja, nih, Beeplovers, makanan dari Palembang. Masih banyak banget makanan yang bisa kamu icip ketika di sana.



Di bawah ini, Beepdo bakal kasih sedikit bocoran tentang makanan-makanan Palembang. Mungkin beberapa di antara Beeplovers juga nggak pernah menyangka kalau makanan-makanan Palembang yang bakal Beepdo kasih tahu di berikut ini. Hmmm.. Biasanya, sih, begitu ya, Beeplovers. Tahu rasa nggak tahu asalnya hihihihi. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sederet bocorannya.

Pertama ada tekwan. Mirip sih sama pempek, cuma bedanya tekwan direbus dan disajikan pakai kuah bening yang dicampur dengan toping seperti jamur, bihun, dan lain sebagainya.

Lalu ada pindang. Rasanya mirip sup ikan yang asam, pedas, manis, dan segar. Nggak percaya? Cobain aja sendiri.

Kemudian ada mie celor. Kalau di Jepang punya udon, di Palembang ada mie celor. Mie tersebut disajikan dengan kuah santan kental yang dicampur dengan kaldu udang juga sedikit sayuran toge.

Selain itu ada tempoyak. Sejenis sambal yang dibuat dari fermentasi durian. Tempoyak bisa dimakan dengan apa saja layaknya sambal. Kalau ini sih selera ya, Beeplovers.

Terakhir ada lenggang. Kayak pempek, cara membuat lenggang adalah memotong-motong pempek lenjer lalu dicelupkan ke telur bebek. Lalu digoreng atau dipanggang dan celupkan ke kuah cuko. Langsung dimakan juga enak.

Nih, sederet foto dan keterangannya.

Tekwan. (Foto: instagram.com/juwariah_tteh_er)

 Pindang. (Foto: instagram.com/aleiyha_s)


Mie celor. (Foto: instagram.com/nuraenih_abdullah)


Lenggang. (Foto: instagram.com/artinirezkisri)


Tempoyak. (Foto: instagram.com/intandayanasafuraa)


Kuliner Kuliner Palembang Palembang