Arab Saudi Buka Lockdown Perlahan Usai Sukses Temukan Metode Pengujian Virus Corona

0

Beepdo.com – Kabar gembira datang dari Arab Saudi yang mulai melonggarkan aturan lockdown secara perlahan. Beberapa toko retail dan pusat perbelanjaan di Saudi mulai beroperasi sejak akhir Mei lalu (Rabu, 29/4), tepatnya dari pukul 9 pagi hingga 5 sore waktu.

Meski sudah longgar, namun Arab Saudi tetap memberlakukan aturan ketat. Para pembeli harus terlebih dulu diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk. Yang suhu badan lebih dari 38 derajat celcius harus segera dibawa ke pusat medis terdekat.

Arab Saudi longgarkan lockdown (c) AFP

Anak berusia di bawah 15 tahun tidak diperbolehkan masuk ke mall, begitu juga dengan orang lanjut usia. Orang dengan riwayat penyakit berat seperti sakit jantung, ginjal dan imunitas rendah juga diminta tetap tinggal di rumah. Meski sudah longgar, namun kafe, restoran, ruang ganti pakaian dan tempat shalat masih ditutup.

Kesuksesan Saudi di metode pengujian virus corona menjadi kunci longgarnya aturan lockdown. Berdasarkan keterangan dari juru bicara kementerian kesehatan, Dr Mohammed Al-Abd Al-Aly, Saudi berhasil memetakan area geografis penyebaran virus.

Arab Saudi longgarkan lockdown (c) AFP

Dengan terpetakannya area penyebaran virus, Saudi pun punya metode pencegahan yang lebih maksimal di setiap area tergantung dari hasil evaluasi tadi. Metode ini diklaim mampu menekan penyebaran virus corona serta tingkat kematian akibat virus ini.

Di Arab Saudi berdasarkan data hingga Jumat (01/5), tercatat kasus infeksi secara keseluruhan mencapai 24.097. Dari jumlah besar tersebut, 392 di antaranya sudah pulih dan 7 orang meninggal dunia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers