Kerja Keras Didi Kempot, Merintis Karier Hingga Tenar Sampai Meninggal Dunia

0

Beepdo.com – Lagi-lagi sebuah perpisahan harus kita ucapkan pada salah satu selebriti terbaik di Tanah Air. Didi Kempot dinyatakan meninggal dunia pada hari ini, Selasa (5/5) sekitar pukul 07.45 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo. Dia awalnya hanya mengeluh sesak napas, namun ternyata kondisinya berujung pada henti jantung dan kematian.

Terlepas dari kabar duka yang kini sedang dirasakan seluruh negeri, tidak ada salahnya kita sedikit mengenang perjalanan karir sang Godfather of the Broken Heart. Viral di usia yang cukup matang, nyatanya Didi Kempot telah melalui banyak liku-liku dalam perjalanannya.

Lagu-lagu Didi Kempot yang Ambyar via Solopos

Bagi yang belum tahu, pria bernama asli Dionisius Prasetyo ini adalah anak kandung dari pelawak ternama yang dikenal dengan nama Mbah Ranto. Selain itu, Didi juga merupakan adik dari Mamik Pondang, salah satu pelawak senior Srimulat. Walau sama-sama memiliki jiwa seniman, namun nyatanya Didi memilih jalur yang berbeda dari anggota keluarga lain.

Didi adalah seorang pecinta musik yang menyalurkan hobinya sebagai pengamen di Kota Solo sejak tahun 1984. Hanya bermodalkan kendang dan ukulele, dia berhasil menghibur banyak orang lewat lagu-lagu yang beberapa ditulisnya sendiri. Sempat mengamen selama tiga tahun di Surakarta, akhirnya dia memutuskan hijrah ke Jakarta pada 1987.

Didi Kempot via Instagram

Di Jakarta, dia membentuk grup bernama Kelompok Pengamen Trotoar (disingkat menjadi Kempot). Karena itulah dia kemudia lebih dikenal dengan nama Didi Kempot. Selama di Jakarta, mereka tak hanya mengamen, namun juga berusaha menjual karyanya ke studio musik. Dan setelah beberapa kali gagal, akhirnya mereka mendapat perhatian dari Musica Studio. Pada tahun 1989, Didi Kempot berhasil merilis album dengan lagu andalannya adalah Cidro.

Sejak merilis album pertama, Didi kemudian fokus menulis lagu-lagu patah hati. Namanya mulai dikenal, tak hanya di kalangan pecinta campur sari Indonesia, namun juga di luar negeri. Dalam rentang tahun 1993 hingga 1999, dia telah melanglang buana mulai dari Amerika hingga Eropa.

Jenazah Didi Kempot (Beepdo)

Didi Kempot sendiri tak pernah berhenti berkarya dan terus merilis lagu dari masa ke masa. Puncak karirnya dimulai ketika tahun 2016 lalu dia merilis Suket Teki. Lagu itu mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat, namun membuat namanya booming pada tahun 2019.

Sejak saat itu, nama Didi Kempot pun semakin viral di kalangan millenial. Lagu-lagu bertema patah hati yang ditulis dan dibawakannya telah mengantarkannya pada popularitas. Bahkan hingga menjelang akhir hayat, dia masih terus berkarya di bidang musik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers