5 Fakta Didi Kempot Sebelum Tiada, Dari Ngamen Jalanan Hingga Sejarah Nama Beken

0

Beepdo.com – Sobat ambyar tengah berduka, idola sekaligus pujaan mereka Didi Kempot menutup usia pada hari Selasa (05/5) pagi pukul 07.45 WIB. Penyamyi dengan julukan The Godfather of Broken Heart tersebut meninggaldi usia 53 tahun setelah sempat dirawat di RS Kasih Ibu.

Perjalanan Didi Kempot menuju puncak karirnya saat ini tidaklah semulus yang dibayangkan orang. Demi memegang teguh idealisme menyanyikan lagu bahasa Jawa, ia sempat mengamen di jalanan dalam rentang waktu lama.

Dari jalanan ini juga Didi akhirnya mendapatkan nama Kempot yang kemudian disematkan menjadi nama belakangnya. Buat Beepdo Lovers yang belum tau, ini 5 fakta Didi Kempot yang jarang diketahui seperti dirangkum Beepdo dari berbagai sumber.

1. Awali Karir Sebagai Pengamen Jalanan

Didi Kempot (Asumsi.co)

Didi Kempot tak punya privilage untuk bisa langsung menuju dapur rekaman. Sebelumnya ia terlebih dulu mengawali karir bernyanyi sebagai pengamen jalanan.

Didi tekuni profesi pengamen jalanan di Solo pada tahun 1984. Peruntungannya berubah ketika dua tahun berselang merantau ke Jakarta dan bertemu produkser yang mengajaknya rekaman.

2. Berhenti Sekolah Saat SMA

Didi Kempot via Okezone

Darah seni sudah mengalir di jiwa Didi Kempot sejak kecil. Ia pun belajar musik bukan dari pendidikan formal. Malah, Didi memilih untuk meninggalkan bangku SMA agar lebih fokus bermusik.

Alasan Didi saat itu karena mengingat pesan dari sang ayah yang mengatakan menjadi seniman tak perlu sekolah tinggi. Karena bagaimanapun yang penting adalah prakteknya.

3. Cerita di Balik Lagu Stasiun Balapan

Didi Kempot Stasiun Balapan via Youtube

Menjadi tenar dan bergelimang harta tak lantas membuat Didi melupakan masa lalunya. Terbukti ia tak melupakan lagu Stasiun Balapan, lagu yang ia ciptakan saat masih mengamen di sana.

4. Duta Kereta Api

Gaya Didi Kempot ketika menjadi duta kereta api via Liputan6

Popularitas lagu Stasiun Balapan mengantarkan Didi Kempot sebagai Duta Kereta Api. Lagu tersebut kini menjadi salah satu yang paling populer dan ikut andil menaikkan nama Didi Kempot.

5. Sejarah Nama Kempot

Didi Kempot via Instagram

Terlahir dengan nama Dionisius Prasetyo, banyak yang kemudian penasaran bagaimana nama Didi Kempot berasal. Ternyata Didi adalah nama panggilannya sementara Kempot singkatan dari Kelompok Penyanyi Trotoar.

Didi Kempot tak malu mengakui masa lalu dirinya sebagai pengamen jalanan. Ia bahkan tetap menyematkan nama Kempot sebagai bukti ia pernah eksis di jalann Solo – Yogyakarta pada tahun 1984 – 1989.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers