Eksklusif: Ini Penjelasan Lula Kamal Soal Dokter dan Tenaga Medis Terpapar Virus Corona

0

Beepdo.com- Virus corona tak  pandang siapa. Miskin atau kaya, pejabat atau rakyat jelata, orang awam atau tenaga medis semua bisa terpapar virus yang pertama muncul di Wuhan China ini. Pertanyaannya menegapa para medis yang notabene lebih tahu bagaimana melakukan pencegahan itu justru ikut terpapar? Sebagai seorang tenaga medis dr.  Lula Kamal, M.Sc memberikan penjelasan soal ini.

“Teman-teman yang terpapar itu kebanyak yang di masa awal-awal virus ini menyebar di Indonesia. Mereka kan belum terlalu awas soal ini. Saat pasien datang ke rumah sakit kan mereka engga tahu apakah ada virus atau tidak. Saat itu dokter dan tenaga medis lainnya juga belum menggunakan APD seperti sekarang. Saat itulah mereka terpapar,” jelasnya kepada Beepdo.com yang menghubunginya Senin (4/5).

Lula Kamal. (Instagram.com/lulakamaldr)

Ditambah lagi pasiennya tidak mengerti atau tidak jujur pada keadaan yang dialaminya. Misalnya, lanjut Lula, ketika dia dari luar negeri. “Saat itu ketika pasien baru satu dua dan tiga, kita masih praktek seperti biasa. Dokter gigi dan dokter THT juga masih praktik seperti sebelumnya. Pokoknya tidak menggunakan APD yang lengkap. Saat itulah penularan paling banyak terjadi,” jelasnya.

Selain itu di masa awal-awal itu semua masih belajar. APD, lanjut Lula, masih belum tertib. Itulah yang membuat dia bersedih karena ada sejawatnya yang tertular. “Tapi sekarang semua sudah lebih waspada kok. Saya yakin kalau semua kelengkapan APD dipergunakan dengan baik, akan bisa bekerja dengan baik di garda terdepan,” ujarnya.

Lula Kamal. (Instagram.com/lulakamaldr)

 

Yang paling krusial kata Lula Kamal untuk dijaga, adalah mulut, hidung dan mata. “Jadi kuncinya jangan menyentuh mulut, hidung dan mata kalau sedang beraktivitas di daerah yang rawan terpapar virus corona. Kalau memang engga bisa dihindarkan pastikan cuci tangan yang bersih dahulu pakai sabun. Baru boleh sentuh ketiga organ itu. Yuk kita harus sama-sama bergandengan tangan mengatasi dan menyetop peredaran virus ini. Kita bisa kok, dengan mematuhi anjuran pemerintah untuk di rumah saja, kalau terpaksa keluar gunakan masker. Dan para medis yang bertugas harus dibekali dengan APD yang lengkap. Kita harus optimis bisa lepas dari pandemi ini,” tandasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers