Beepdo.com – Selasa (19/5), Deddy Corbuzier mengunggah postingan bersama pengusaha ternama Mardigu Wowiek Prasantyo. Sosok yang dijuluki Bossman Sontoloyo ini berhasil dihadirkan di acara podcast yang ditayangkan di channel milik Deddy. Bicara tentang banyak hal, sosok yang satu ini sukses menarik perhatian para viewers.

Terlepas dari apa yang diperbincangkan bersama Deddy, mungkin banyak dari kalian bertanya-tanya. Bagaimana mungkin seorang pengusaha yang menaungi 32 perusahaan skala nasional dan regional tersebut justru mendapat julukan ‘sontoloyo’. Ternyata semua ada sejarahnya.

Jawabannya ada di salah satu postingan yang diunggah Mardigu lewat Facebook. Sebutan itu rupanya sudah sering dilontarkan oleh kerabatnya sejak kecil, karena sikapnya yang terlalu kritis saat mendapat pelajaran di pesantren.

“Sejak usia 9 tahun kali pertama mungkin sontoloyo itu sematkan ke saya. Bayangkan, dalam sebuah kelas nyantri atau pengajian yang diajarkan kiai pini sepuh yang terhormat. Saya bisa motong loh bicara mereka. Itulah kebandelan saya. Saya bisa pertanyakan hal seperti ini. Suatu hari, “Nyuwon sewu pak yai. Kenapa kita sholat bacaannya nggak sama dengan Rosulullah?,” tulisnya.

“Saya jawab, ‘Iya. Waktu kita baca tahiyat akhir. Kita setelah baca shahadat kita baca sholawat. Allohuma sholi ala Muhammad wa ala ali Muhammad. Nah, nabi Muhamad baca apa? Aluhuma sholi ala ana?!!. Kita membaca: ya Allah berikan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad. Nah beliau baca apa? Berikan kesejahteran ke saya. Khan beda bacanya dengan kita?” lanjutnya.

Gara-gara hal itu, dia pun diusir dari kelas dan disuruh tobat. “Kamu dasar sontoloyo!!! Sana keluar wudhu sholat tobat sana,” demikian kata-kata yang diucapkan sang guru saat itu, yang tak lain adalah pakdhe Mardigu sendiri.

Mardigu Wowiek via Fajarpos

Bukan hanya sekali dua kali, nyatanya ego dan kesombongannya dalam mempelajari agama terus berlanjut hingga dewasa. Dia bahkan pernah diamankan dari lokasi kajian gara-gara mendebat ceramah seorang ustaz.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu, Mardigu Wowiek Prasantyo berhasil mempelajari banyak hal dan mulai menempatkan diri. Kini, dia telah menjelma menjadi sosok pengusaha sukses yang cukup jadi panutan. Meski demikian, tetap saja julukan Bossman Sontoloyo itu sepertinya sudah terlanjur melekat dan takkan hilang. Mau tau lebih banyak tentangnya, langsung saja kunjungi podcast Deddy Corbuzier.