Kronologi Kematian George Floyd, Sempat Ditindih Polisi Hingga Tak Bisa Bernapas

0

Beepdo.com – Senin (25/5) lalu menjadi momen berkabung bagi banyak orang. Seorang pria berusia 46 tahun bernama George Floyd meninggal dunia saat disergap polisi di kawasan Minneapolis. Peristiwa ini menuai kecaman dunia karena kematiannya dianggap sebagai bentuk ketidakadilan hukum.

Kasus ini berawal dari laporan terkait tindak penipuan dan pemalsuan yang diterima polisi. Polisi mencurigai Floyd karena wajahnya yang mirip dengan tersangka yang diburu polisi. Namun sebagaimana dituturkan oleh pihak kepolisian, Floyd saat itu menolak memberikan keterangan apapun. Dia bahkan sempat adu mulut dan menyerang polisi secara fisik. Meski demikian, yang bersangkutan tetap berada di tempat, sehingga polisi pun memutuskan untuk melumpuhkannya.

George Floyd (Al Jazeera)

Selanjutnya, dalam berbagai video yang beredar di dunia maya, terlihat bagaimana baku hantam antara kedua belah pihak. Polisi yang berjumlah empat orang kemudian menjatuhkan Floyd dan memborgolnya. Agar tidak kabur, polisi menduduki lehernya.

Dalam kondisi tersebut, Floyd tak bisa berbuat apapun. Dia sempat mengeluh tak bisa bernapas dan meminta polisi menyingkirkan lutut yang menindih lehernya. Floyd memohon ampun dan mengatakan bahwa perut dan lehernya sakit. Sayangnya, hal ini tak dihiraukan polisi.

George Floyd (Istimewa)

Secara mengejutkan, Floyd kemudian dinyatakan meninggal dunia, diduga akibat kehabisan napas. Meski demikian, penyebab meninggalnya masih simpang siur dan hingga kini masih dalam proses penyelidikan FBI.

Bagaimanapun, kematian George Floyd ini menuai kecaman dunia karena dianggap sebagai isu rasis (mendiang adalah orang berkulit hitam). Sementara kasus ini masih diselidiki, keempat polisi yang bertanggung jawab atas kematian Floyd disebut telah dibebastugaskan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.9kFans
344Followers
700kSubscribers
90.2kFollowers