Eksklusif: Sahrul Gunawan Ungkap Kerugian Saat Haji dan Umrah Batal Berangkat

0

Beepdo.com – Terkait pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh dunia, pemerintah memutuskan meniadakan Haji pada tahun 2020. Hal ini tentunya membawa imbas pada sejumlah pemilik travel haji dan umrah, seperti yang dialami Sahrul Gunawan.

Sebagai pemilik travel haji dan umrah, dia harus berjuang memberikan pengertian kepada calon jamaah yang urung berangkat ke tanah suci. Ia sebagai CEO di Avi Tour, mengungkapkan kerugian di balik semua ini.

Sahrul Gunawan (Beepdo.com)

“Sudah mengeluarkan surat resmi, minggu lalu ketika setelah Lebaran. Banyak yang meminta guarantee dari dana yang sudah diserahkan kepada kami. Kami sudah buatkan rincian, sudah disebarkan, kami juga kemukakan seluruh bukti yang ada, dana itu sudah disalurkan ke mana saja,” ungkapnya.

Meski demikian, Sahrul meminta agar hal ini tidak dipandang dari sisi omzet saja. Faktanya, sebagai travel agent, pihaknya hanya bertindak sebagai pengelola. Dari jasa tersebut, pihaknya mendapatkan faedah.

Sahrul Gunawan (Beepdo.com)

“Secara omzet, jangan dipikir kami rugi sampai miliaran. Kami kan sebenarnya hanya travel agent yang mengelola. Jamaah bayar kami kelola. Dari pengelolaan kami mendapat faedahnya gitu, meskipun beragam setiap paketnya ya,” lanjutnya.

Kepada para jamaahnya ia berjanji akan bisa berangkat di tahun berikutnya setelah pandemi COVID-19 berlalu. Tentu saja, semua pihak termasuk Sahrul Gunawan berharap semuanya akan segera normal.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers