Eksklusif: Haji dan Umroh Ditunda, Cobaan Berat bagi Sahrul Gunawan

0

Beepdo.com – Sebagai pengusaha travel perjalanan haji dan umroh, Sahrul Gunawan tak bisa berkutik saat pemerintah Saudi Arabia dan juga pemerintah Indonesia menetapkan haji tahun ini ditiadakan. Hal ini terkait dengan pandemi COVID-19 yang melanda berbagai negara.

Tak hanya ibadah haji, ibadah umroh pun juga diberlakukan serupa. Avi Tour, perusahaan travel haji dan umroh milik Sahrul, mau tak mau ikut pun terimbas. Namun ia tak bisa berbuat banyak menghadapi semua ini.

Sahrul Gunawan (Beepdo.com)

“Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita mengikuti sikap dari pemerintah. meskipun sebenarnya cukup berat bagi kami pelaku usaha di bidang travel agent ini,” ungkapnya pada Beepdo.

Terlebih lagi, kondisi ini sudah berlangsung selama beberapa bulan. Dimulai dari keputusan Saudi Arabia untuk lockdown pada Februari lalu, dunia travel pun semakin tidak jelas. Apalagi, Sahrul juga harus menyesuaikan dengan kebijakan dua negara, Indonesia dan Saudi Arabia.

Sahrul Gunawan (Beepdo.com)

“Kemarin 27 Februari di lockdown Saudi kan, kita tak bisa melakukan kegiatan karena tergantung kebijakan dua negara. Ditambah lagi sekarang Haji ini juga (dibatalkan). Sebenarnya sudah saya prediksi sih. Pandemi di tiap negara beda, tapi masih ada secercah harapan saat Ramadan kemarin,” ungkapnya.

“Tapi Saudi kemudian menunda untuk mengumumkan, dan belum juga diumumkan sementara persiapannya harus jauh-jauh hari sebelumnya, mengingat jumlah jamaah haji Indonesia yang sangat banyak. Saya kira itu keputusan yang harus ditaati dan dihormati ya walaupun berat,” lanjut Sahrul Gunawan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers