3 Fakta Kasus Lidya Pratiwi, Terungkap Alasan Bisa Bebas 7 Tahun Lebih Cepat

0

Beepdo.com – Nama Lidya Pratiwi yang sempat jadi perbincangan di tahun 2006 silam kini kembali menggema. Salah satu alasannya karena pesinetron itu sudah bebas murni dari kasus pembunuhan berencana yang membelitnya.

Di kasus pembunuhan berencana yang membelit Lidya, ia dikenai pasal berlapis, yakni 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan. Ia pun diganjar hukuman 14 tahun kurangan penjara.

Namun banyak yang tidak tahu jika ia sudah bebas bersyarat sejak 2013 lalu. Lalu bebas murni di tahun 2020 ini. Mengapa Lidya bisa bebas 7 tahun lebih awal hingga kilas balik kasus yang membelitnya bisa Beepdo lovers baca di fakta berikut ini.

1. Bebas bersyarat sejak 2013

Lidya Pratiwi (Grid.id)

Berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Nomor PAS-50.PK.01.05.06 tentang Pembebasan Bersyarat Narapidana, Lidya Pratiwi sudah bebas bersyarat dari Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang, sejak 2013.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jendral Pemasyarakatan Rika Aprianti.

2. Alasan bebas 7 tahun lebih awal

Lidya Pratiwi (Grid.id)

Selama menjalani masa tahanan di Lapas Kelas IIA Wanita Tangerang, Banten, Lidya Pratiwi mendapatkan remisi sebanyak 30 bulan. Ditambah dengan pembebasan bersyarat yang diterimanya, maka Lidya akhirnya bisa menghirup udara di luar penjara 7 tahun lebih cepat.

3. Kini telah bebas murni

Lidya Pratiwi (Surat Kabar)

Lidya sudah menjalani masa percobaan bebas bersyarat sejak 29 April 2013. Masa percobaan bebas bersyarat pun berakhir pada 24 November 2018, ini berarti Lidya yang ditahan pada 12 Mei 2006 sudah bebas murni.

“Bahwa masa percobaan pembebasan bersyarat Lidya Pratiwi bt Heryanto berakhir pada 24 November 2018,” kata Rika Aprianti.

Dalam kasus yang membelitnya, Lidya Pratiwi mendapat vonis paling ringan 14 tahun penjara karena tidak terlibat secara langsung. Sementara, otak pembunuhan yaitu ibu dan paman Lidya, Vince Yusuf dan Tony Yusuf, dikabarkan mendapat hukuman seumur hidup.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers