Cafe Code: Lagu Keke Bukan Boneka Diuji Praktisi Hukum Dedy Kurniadi, Apakah Melanggar Hak Cipta?

0

Beepdo.com – Lagu Keke Bukan Boneka yang dibawakan Kekeyi bikin heboh lantaran dianggap menjiplak lagu Aku Bukan Boneka yang dibawakan Rinni Wulandari atau Rinni Idol. Bagaimana pandangan secara hukum?

Dari sisi kacamata hukum, menurut praktisi hukum Dedy Kurniadi, SH., MH. Ada beberapa elemen yang bisa dijadikan tolak ukur apakah sebuah lagu dianggap menjiplak atau tidak.

Kekeyi (Youtube)

“Elemen-elemen sebuah lagu yang bisa dijadikan acuan, melody, lirik, rhythm dan harmoni. Saya melakukan pengecekan kepada 4 elemen lagi,” ujar Dedy.

Usai melakukan perbandingan, ternyata Dedy sendiri tak menemukan adanya kesamaan secara subtansial. “Kalau saya tidak menemukan adanya subtansial similarity. Namun yang agak unik, penyanyi Kekeyi menggembar gemborkan di media sosial jika melakukan pelanggaran.

Masih di kesempatan yang sama, menurut Dedy yang jelas sebuah pelanggaran secara terang-terangan justru cover lagu. Dilihat dari sisi hukum, cover lagu disebutnya sebagai pelanggaran hak cipta.

“Misalnya lagu populer diproduksi ulang, dinyanyikan diupload ke platform youtube tanpa izin pencipta asal. Berdasarkan undang-undang hak cipta, itu termasuk pelanggaran,” ungkap Dedy menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia digital saat ini, termasuk polemik lagu Keke Bukan Boneka yang dibawakan Kekeyi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers