Suhu Acai Tiada, Begini Proses Penghormatan Terakhirnya

0

Beepdo.comSuhu Acai diketahui telah tiada pada Senin (22/6). Mendiang yang kerap menerawang sejumlah peristiwa tersebut kemudian dibawa ke kawasan Jakarta Utara untuk diberikan penghormatan terakhir pada Selasa (23/6).

Sebelumnya jenazah Suhu Acai disemayamkan di rumah duka, di daerah Jakarta sebelum dikremasi Selasa siang

Suhu Acai (istimewa)

Sebelum dikremasi, tampak beberapa kerabat terlihat berkumpul memberikan penghormatan terakhir sesuai dengan tradisi dan adat Tiongkok.

Suhu Acai punya nama lengkap Prof.DR. Eng Tjai meninggal di usia 64 tahun pada hari Senin (22/6) tengah malam. Jenazah kemudian dikremasikan di Grand Heaven, Ruang 108, Jalan Pluit Raya No. 191-193 Jakarta Utara.

Bagi sebagian etnis Tionghoa, Suhu Acai dianggap sebagai pahlawan. Hal ini lantaran Suhu Acai yang juga Ketua Umum Yayasan Lestari Kebudayaan Tionghoa Indonesia (YLKTI) bersama sejumlah tokoh etnis Tionghoa lainnya gigih memperjuangkan agar Tahun Baru Imlek ditetapkan menjadi hari libur nasional pada masa pemerintahan Presiden KH Abdurahman Wahid.

Perjuangan Suhu Acai tak sia-sia, karena di tahun 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Sementara untuk pelaksanaannya, hari libur Nasional Imlek baru diberlakukan tahun 2003.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat