Fakta-Fakta ‘Dari Jendela SMP’, Sinetron Viral yang Dianggap Mengajarkan Pergaulan Bebas

0

Beepdo.com – Selama beberapa hari belakangan, ‘Dari Jendela SMP‘ memang jadi perbincangan netizen di dunia maya. Pasalnya, sinetron yang tayang di SCTV ini dituding menampilkan nilai-nilai yang bisa merusak moral remaja, khususnya yang masih duduk di bangku SMP.

Faktanya, sinetron ini memang bercerita tentang kehidupan remaja yang hamil di luar nikah. Sebagian netizen mengungkapkan bahwa apa yang ditampilkan di dalamnya terlalu vulgar dan kurang baik dikonsumsi oleh anak-anak.

Netizen juga mengklaim bahwa sinetron ini memuat adegan dewasa yang tidak sepantasnya ditiru. Alhasil, banyak pihak yang sepakat melaporkannya ke KPI. Namun benarkah Dari Jendela SMP memang tidak sesuai dengan nilai moral remaja? Simak dulu fakta-faktanya:

Diadaptasi dari Novel

Dari Jendela SMP (SCTV)

Kisah dalam sinetron ini nyatanya adalah hasil adaptasi dari novel Mira W yang memiliki judul sama. Novel itu sudah diterbitkan pada tahun 1983 silam dan sempat populer di zamannya. Konflik yang disajikan pun sama persis antara novel dan sinetron.

Penjelasan Pihak Produksi

Dari Jendela SMP (SCTV)

Nyatanya, SCTV selaku pihak yang menayangkan mengaku tidak asal-asalan. Pihaknya bermaksud memberikan informasi terkait bahaya pergaulan bebas kepada khalayak. Karenanya, pihaknya juga sudah memberikan rating 13+ dengan harapan orang tua akan memberikan pendampingan saat menonton bersama buah hati.

Apa Kata Netizen?

Dari Jendela SMP (SCTV)

Meski demikian, netizen rupanya tidak sependapat. Menurut mereka, usia SMP adalah fase yang sangat kritis dan mudah meniru. Jika tayangan macam ini ditampilkan, mereka bisa saja berpikir bahwa hamil di luar nikah adalah hal sah-sah saja terjadi.

Itulah beberapa fakta tentang sinetron ‘Dari Jendela SMP yang ditayangkan di SCTV. Pihak produksi nyatanya punya penjelasan sendiri terkait apa yang mendorong mereka menayangkan sinetron ini. Bagaimana pendapat kamu?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers