Cafe Code: Ketika Polisi Tolak Laporan Pria Atas Ibu Kandungnya Sendiri, Ini Ulasan Hukumnya

0

Beepdo.com – Tak semua persoalan hukum harus diselesaikan di meja ranah hukum atau meja hijau. Inilah esensi dari Cafe Code kali ini. Polisi di NTB menolak laporan seorang pria atas ibu kandungnya sendiri dengan dugaan penggelapan.

Praktisi hukum Muhammad Zakir Rasyidin, SH. menilai kejadian ini sebagai hal yang wajar. Ia pun menjabarkannya dalam sesi Cafe Code bersama Beepdo.

Kasatreskrim Polres Lombok Tengah AKP Priyo Suhartono menolak laporan seorang anak yang ingin memenjarakan ibu kandungnya sendiri. (facebook)

“Di dalam penegakan hukum, ada bentuknya laporan ada bentuknya pengaduan. Kalo laporan itu bisa dilakukan oleh siapapun yang melihat peristiwa itu terjadi. Kalau pengaduan, hanya bisa dilakukan oleh korbannya,” ungkap Zakir.

“Terkait masalah di Lombok Tengah kemarin. Saya menganggap itu sebuah langkah yang tepat. Karena di dalam hukum, kita tidak boleh melihat dalam hukum formal saja,” imbuhnya.

Selanjutnya, ditolaknya laporan dari pria tadi juga dianggap sebagai keputusan yang baik. Karena ada yang namanya restorative justice, atau prosesnya diselesaikan di luar hukum.

“Tidak diterima itu saya anggap keputusan yang baik supaya masalah ini bisa diselesaikan dengan cara restorative justice,” Zakir meneruskan penjelasannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers