Cafe Code: Hati-Hati Tertipu Giveaway Bodong, Yuk Kenali Tanda-tandanya

0

Beepdo.com – Cafe Code kali ini menyajikan tentang giveaway yang banyak dilakukan pihak-pihak kepada orang lain. Namun diduga giveaway tersebut malah melanggar hukum karena menjurus kepada penipuan.

Praktisi hukum Erles Rareral, S.H.M.H, mengatakan bahwa masyarakat tak perlu ragu untuk melaporkan kepada pihak berwajib jika ada dugaan penipuan berupa giveaway atau hadiah yang diberikan pihak lain.

Cafe Code Bahas Soal Giveaway Bodong (Beepdo.com)

“Polisi pasti bisa melacaknya, misalnya penipuan dalam  sosial media  juga, akun yang diduga melakukan pelanggaran bisa dilacak,”tegas Erles.

Asalkan pihak yang merasa jadi korban atau dirugikan langsung melaporkan sesegera mungkin dengan melampirkan bukti-bukti yang ada. “Jangan pernah malu untuk mengaku jadi korban penipuan, karena terduga pelaku bisa dijerat pasal 28 ayat 1 UU ITE, juncto pasal 378 dan 390,”katanya.

Menurut Erles bagi pihak yang mau mengadakan giveaway sebaiknya harus melakukan izin kepada Kementerian Sosial, termasuk memiliki legalitas yang jelas berupa akte pendirian dan berbadan hukum.

Memang pemberian giveaway yang malah menipu beberapa orang sempat terjadi dan diharap lewat Cafe Code ini membuat kejahatan itu tak lagi terjadi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers