Kronologi Akun Barack Obama hingga Kanye West Diretas untuk Penipuan

Beepdo.com – Akun Twitter sejumlah tokoh ternama diketahui telah diretas beberapa waktu lalu. Sejumlah tokoh penting pun jadi korban antara lain Kanye West, Elon Musk, Bill Gates, Jeff Bezos, bahkan Mantan Presiden AS Barack Obama.

Terkait hal ini, pihak Twitter pun akhirnya memberikan penjelasan. Mereka mengakui bahwa memang ada usaha peretasan yang dilakukan para hacker, di mana akun-akun yang dibajak akan digunakan untuk melakukan penipuan bitcoin.

Usaha ini dilakukan hacker dengan menggunakan metode social engineering untuk memanipulasi karyawan Twitter. Alhasil, mereka berhasil membobol percakapan Slack pada tanggal 15 Juli 2020 lalu. Slack sendiri adalah platform percakapan tim dalam perusahaan untuk membahas pekerjaan, dan terhubung ke sistem backend milik Twitter.

Barack Obama (Voice of America)

Setelah berhasil membobol slack, hacker pun berhasil memperole informasi username, password, dan e-mail sejumlah pengguna yang ditarget. Berdasarkan investigasi, ada 130 akun yang menjadi target, dan 45 di antaranya adalah milik orang atau lembaga ternama.

Peristiwa ini, bagaimanapun sangat disesalkan oleh berbagai pihak dan dianggap sebagai pembajakan paling buruk sepanjang sejarah media sosial. Tak hanya membobol akun milik orang ternama, hacker juga menggunakan untuk alasan yang tidak bisa diterima, yaitu penipuan cryptocurrency (mata uang digital) bitcoin.

Barack Obama (People)

Selain Barack Obama, Kanye West, dan sejumlah tokoh yang disebutkan di atas, korban-korban lain juga berjatuhan. Akun Twitter Wiz Khalifa, Kim Kardashian, ketua Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dan masih banyak lagi pihak yang ikut jadi target.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.9kFans
347Followers
704kSubscribers
90.2kFollowers