Wiper Mobil Tak Boleh Digunakan dalam Kondisi Kering, Ini Alasannya

Beepdo.com, Jakarta Wiper boleh dibilang adalah salah satu elemen penting saat berkendara. Fungsi utama alat yang satu ini, yakni menyeka kaca depan dari air hujan sehingga dapat membantu visibilitas dan jarak pandang pengemudi. Meskipun kecil, tapi alat yang satu ini sangat mempengaruhi keselamatan saat berkendara di jalan.

Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang tidak menyadari betapa pentingnya wiper. Karena sering terkena panas serta hujan, maka sama sepert mesin mobil, wiper pun butuh perawatan. Wiper dengan karet yang sudah getas atau aus dapat merusak kaca mobil apabila digunakan lho.

 

Jika ingin wiper mobil berfungsi secara maksimal saat hujan, maka selain menjaga elastisitas karet wiper, kamu juga harus berhati-hati saat mencuci wiper. Cukup siram dengan air bersih saja dan jangan lap permukaan karetnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi poros wiper secara berkala untuk mencegah aus.

Cara merawat wiper yang juga paling penting adalah menggantinya secara rutin. Kamu juga harus tahu kalau wiper mobil tidak boleh digunakan saat kondisi kering. Jika kondisi kaca dan karet wiper itu kering saat digunakan, maka bisa menyebabkan kerusakan baik pada karet wiper ataupun kaca mobil.

 

Debu atau partikel kerikil kecil yang ada di wiper kering akan menempel dan ikut tergesek pada bagian kaca, sehingga kaca mobil kamu pun akan tergores. Jadi, coba ingat-ingat lagi sudah berapa lama wiper mobil kamu belum diganti? Untuk membeli wiper berkualitas kamu tidak perlu mencarinya susah-susah karena semuanya ada di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat