Jeremy Teti Sakit Batu Ginjal, Ini 5 Penyebab Batu Ginjal yang Tidak Boleh Diabaikan

Beepdo.com, Jakarta Jeremy Teti menjadi salah satu news anchor yang paling terkenal di Tanah Air. Meskipun sudah pension, tapi semua orang pasti nggak akan pernah bisa melupakan gaya khas Jeremy Teti saat membawakan program berita. Kira-kira apa kabar Jereny Teti yang kini juga dikenal sebagai seorang artis?

Kabar kurang membahagiakan baru saja disampaikan oleh Jeremy Teti. Dalam tayangan Cuap-Cuap MOP Chanel di YouTube, Jeremy Teti mengutarakan bahwa dirinya divonis penyakit jantung. Bahkan untuk mengatasi penyakit tersebut Jeremy sudah melakukan operasi pemasangan ring jantung pada 2016 lalu.

 

“Kondisi kesehatan sekarang ya lumayan bagus cuman kadang ya was-was ya kalau dapat informasi meninggal karena serangan jantung tuh ya aduh Tuhan kita kadang mikir gue sudah pasang ring jantung apakah gue aman,” jelas Jeremi Tety. Ternyata tidak hanya penyakit jantung, Jeremy Teti juga mengidap batu ginjal.

Untuk mengobati masalah batu ginjalnya, bahkan Jeremy Teti telah menjalani lima kali radiasi. Membahas penyakit batu ginjal biasanya akan dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum lantaran mineral dan garam yang harusnya terbuang lewat air seni jadi mengendap dan membentuk “batu” ginjal.

Tapi, kamu harus tahu kalau penyebab batu ginjal bukan hanya itu saja. Di bawah ini adalah penyebab lain penyakit batu ginjal yang tidak boleh kamu sepelekan.

 

1. Peningkatan Asam Urat

Kamu yang suka makan banyak protein hewani, maka harus hati-hati nih. Bukan hanya asam urat, tapi peningkatan asam urat juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal

2. Masalah Pada Pencernaan

Batu ginjal seringkali ditemukan pada penderita gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif dan penyakit peradangan usus besar. Gangguan pada pencernaan dapat menimbulkan diare dan mengurangi frekuensi buang air kecil.

3. Konsumsi Oksalat yang Tinggi

Makanan tinggi oksalat biasanya dapat ditemui di bayam, buah bit, belimbing, kacang-kacangan dan sebagainya. Saat menginsumsi makanan yang tinggi oksalatnya maka cobalah diseimbangan dengan makanan tinggi kalsium.

4. Konsumsu Garam yang Berlebihan

Makanan yang tinggi garam bisa menjadi penyebab utama batu ginjal. Jadi, nggak ada salahnya mulai sekarang mengurangi makanan yang tinggi garam, seperti yang ditemukan di dalam makanan yang diawetkan.

5. Kondisi Medis Tertentu

Selain gangguang pada pencernaan ada satu lagi yang bisa menyebabkan batu ginjal, yakni kondisi medis tertentu. Penyakit diabetes tipe 2, hiperparatiroidisme dan asam urat dapat menjadi pemicu batu ginjal.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan batu ginjal. Supaya tetap sehat setiap hari, tidak ada salahnya untuk menjag apola makan dan membiasakan diri untuk minum air putih. Kita doakan semoga Jeremy Teti bisa terbebas dari penyakit jantung dan batu ginjalnya ya. Amin!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.