Suasana Mencekam saat Ledakan Lebanon, Artis Indonesia Sampaikan Belasungkawa

Beepdo.com – Selasa (4/8) merupakan hari yang mencekam untuk warga yang tinggal di sekitar Pelabuhan Beirut, Lebanon. Ledakan besar telah menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan lainnya. Tentu saja hal ini membuat banyak orang berduka, tak terkecuali para selebriti seperti Mulan Jameela, Awkarin, dan lain-lain.

Ledakan sendiri dilaporkan terjadi akibat 2.750 amonium nitrat meledak di gudang tepi laut. Kejadian itu menciptakan cendawan api raksasa yang mirip dengan ledakan bom nuklir. Gelombang kejut yang menyebar ke seluruh kota sempat menggetarkan kaca dan meruntuhkan sejumlah balkon apartemen.

Petugas pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api yang berkobar. Korban dilaporkan bergelimpangan di jalan, sementara korban luka berusaha mencari bantuan. Evakuasi jenazah berlangsung hingga tiga jam.

Dahsyatnya peristiwa ini membuat sejumlah selebriti Indonesia ikut berduka dan mengunggah postingan solidaritas untuk para korban. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mulan Jameela

Awkarin

View this post on Instagram

Selasa, 4 Agustus 2020 ledakan besar melanda Beirut, Lebanon, menewaskan ratusan orang, melukai ribuan orang dan merusak gedung-gedung serta fasilitas yang ada, bahkan ledakan besar ini terasa hingga 240 kilometer. Beberapa fasilitas kesehatan pun terkena dampak dari ledakan hebat tersebut. Tidak hanya rumah sakit dan fasilitas umum lainnya, namun ledakan itu juga menimbulkan kerusakan besar pada Istana Baabda, kediaman resmi presiden Lebanon. Selain warga sipil dan fasilitas umum yang terkena imbas dari ledakan tersebut. Sebuah kapal milik satuan tugas maritim Pasukan Penjaga Perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang sedang berlabuh di pelabuhan Beirut, Lebanon, rusak akibat ledakan besar yang mengguncang. Selain itu, muncul sebuah kabar bahwa ledakan yang mengguncang seluruh Beirut bisa disebabkan oleh "bahan peledak" yang disita dan disimpan di gudang selama bertahun-tahun. Banyaknya bahan peledak yang disimpan di gudang lokasi ledakan itu berkisar 2.750 ton amonium nitrat. Amonium nitrat adalah suatu senyawa kimia. Penggunaan amonium nitrat sendiri sebagai komponen campuran peledak yang digunakan dalam konstruksi pertambangan dan penggalian. Saat ini Lebanon tengah dililit krisis ekonomi yang memicu ketegangan politik. Perekonomian Lebanon cukup mengkhawatirkan yang menyebabkan harga makanan melambung tinggi dan anjloknya mata uang lira Lebanon. Selain adanya dampak dari pandemi Covid-19, Bank Dunia pun memberikan gambaran bahwa 45 persen orang di Lebabon berada di bawah garis kemiskinan. Musibah yang terjadi di Lebanon menambah catatan permasalahan yang terjadi di sana. Semoga dengan cepat pemerintahan Lebanon dan dukungan dari internasional bisa membantu mengatasi setiap permasalahan yang terjadi dan menuntaskan semuanya. Selain berdoa untuk Lebanon, kita bisa membantu dengan cara berdonasi di, • http://www.caritas.org.lb/get_involved/donate • https://www.islamic-relief.org.uk/lebanon-emergency/ By: Try Wijayanto, @novilda.id ❤️

A post shared by Karin Novilda – @Novilda.ID (@awkarin) on

Marissa Nasution

Dian Rositaningrum

Anggun C Sasmi

Setidaknya 78 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4000 orang mengalami luka-luka dalam kejadian itu. Tak hanyaMulan Jameela, Awkarin, dan artis Indonesia lain, sejumlah selebriti dunia seperti Bella Hadid juga ikut menyampaikan duka atas ledakan Lebanon.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.8kFans
344Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers