Dirgahayu RI, Cerita Detik-Detik Soekarno Meraih Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Beepdo.com – Indonesia kini tengah merayakan HUT RI 75Dirgahayu RI jelas menjadi momen paling penting bangsa Indonesia setiap tahun. Berkat proklamasi Soekarno dan Hatta 75 tahun lalu, 17 Agustus 1945, Indonesia menetapkan hari tersebut sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sementara bangsa Indonesia kini menikmati kemerdekaan, perjalanan Soekarno dan para bapak bangsa bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak penderitaan dan perjuangan yang harus dilalui untuk meraihnya.

Ide untuk mengumumkan kemerdekaan berasal dari golongan muda yang saat itu melihat Indonesia berada dalam kondisi vacuum of power. Jepang yang menjajah Indonesia menyerah kalah di Perang Dunia II pasca dua kali menghadapi serangan bom atom.

Soekarno via Okezone

Golongan muda, yang antara lain terdiri dari Chairul Saleh, Adam Malik, Sukarni, dkk berpendapat bahwa mereka harus segera mengumumkan kemerdekaan. Mereka pun berusaha membujuk golongan tua (Ir. Soekarno, Mr. Ahmad Soebardjo, Drs. Mohammad Hatta, dkk).

Golongan tua awalnya menolak. Pasalnya, Jepang telah berjanji akan memberikan kemerdekaan pada Indonesia pada 27 Agustus 1945, sehingga berusaha menetapinya. Namun golongan muda bersikukuh, sehingga terjadilah peristiwa Rengasdengklok.

Presiden Soekarno (Okezone)

Golongan muda menculik sejumlah golongan tua, termasuk Soekarno dan Mohamad Hatta pada 16 Agustus 1945 dan membawa mereka ke Rengasdengklok. Di sana keduanya berunding tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Hingga akhirnya golongan tua pun setuju untuk mengumumkan kemerdekaan.

Segala persiapan pun dilakukan mendadak. Naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik, sedangkan bendera kemerdekaan dijahit oleh istri Soekarno, Fatmawati. Mereka pun memilih rumah Soekarno sebagai tempak diumumkannya kemerdekaan Indonesia.

Hingga akhirnya, Soekarno dan Hatta mengumumkan proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur no.56, Jakarta sekitar pukul 10.00. Sejak 17 Agustus 1945 hingga sekarang diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia hingga saat ini negeri kita mencapai HUT RI 75. Dirgahayu RI!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
19.9kFans
347Followers
701kSubscribers
90.2kFollowers