Teflon Anti Lengket Bisa memicu Kanker, Ini Solusi Buat Kamu

Beepdo.com, Jakarta Kehadiran teflon anti lengket memang sudah lama menjadi solusi bagi banyak orang karena membuat memasak jadi lebih praktis. Namun ternyata seiring perkembangan zaman diketahui bahwa ada zat kimia dalam teflon anti lengket yang ternyata bisa membahayakan bagi tubuh.

Zat kimia tersebut, yakni perfluorooctonic acid (PFOA) dan polimer sintetis polytetrafluoroetheylene (PTFE). PFOA diketahui sebagai bahan karsinogenik, pengganggu hormon dan racun reproduksi yang saat digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi akan mulai pecah dan akhirnya bisa masuk ke dalam tubuh.

Jadi, apa saja solusi yang bisa dipilih supaya terhindar dari teflon anti lengket yang berbehaya? Kamu masih bisa aman menggunakan wajan anti lengket dengan mengikuti berbagai tips yang ada di bawah ini.

1. Alternatif Wajan Anti Lengket

Pilihlah wajan atau panci anti lengket yang tidak menggunakan senyama PRFE, seperti keramin stainless steel. Selain tidak berbahaya, bahan-bahan tersebut akan membuat kamu lebih irit karena bahannya sendiri lebih awet, lebih aman dan tidak berbahaya buat kesehatan.

2. Jangan Terlalu Panas

Kamu disarankan untuk tidak memanaskan alat masak berlapis teflon dengan suhu di atas 350 derajat celcius. Karena jika hal tersebut terjadi maka bisa membuat lapisan anti lengket menjadi terpisah serta bisa dapat menghasilkan gas beracun yang berbahaya jika dihirup.

3. Jangan Digunakan Terlalu Lama

Gunakan teflon hanya untuk memasak bahan makanan yang mudah matang, seperti menumis sayuran ataupun memasak telur. Jangan gunakan teflon untuk merebus daging karena akan membutuhkan waktu memasak yang lama dan tentu saja suhunya mungkin bisa mencapai batas yang dianjurkan.

Tak hanya cara penggunan, cara membersihkan teflon juga harus tepat. Setelah digunakan kamu bisa membersihkan teflon dengan bagian spons yang lembut dan digosok secara perlahan. Jika wajan teflon sudah mulai mengelupa, langsung saja ganti. Ingat kamu harus mencari teflon yang tidak mengandung PFO dan PTFE. Produk yang bebas dari bahan tersebut kamu bisa beli di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat