Detik-Detik Kematian Kiai NU Gowa, Berpulang Satu Jam Setelah Tuntun Sakaratul Maut Istri

Beepdo.com – Kisah kematian Kiai NU H. Muhammad Idrus Makkawaru (74) dan Siti Saniah (64) menjadi cerita haru yang berkembang di dunia masyarakat. Sang Kiai akhirnya meninggal dunia hanya berselang satu jam setelah kematian istrinya.

Kejadian ini terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Minggu (16/8). Anak tertua mereka, Ahmad Mujahid (51), menceritakan bagaimana kedua orangtuanya menghadapi kematian dalam waktu hampir bersamaan.

“Almarhumah ibu saya duluan meninggal, dia sesak napas menjelang maghrib. Lalu di situlah kemudian, dipompa jantungnya. Kemudian akhirnya dituntun menuju sakaratul maut oleh bapak,” ungkap Ahmad, sebagaimana dilansir dari Detik.

Kisah cinta Kiai NU dan istrinya (Detik)

“Lalu 15 menit kemudian bapak sesak napasnya juga. Tapi sesak napas yang ini beda. Satu bulan sebelumnya sudah sesak napas dan lebih keras. Tapi waktu sesak napas ini, itu tidak terlalu keras,” lanjutnya.

Idrus berhasil menuntun istrinya mengucapkan syahadat menjelang kematiannya. Sementara dia nampak tenang menghadapi kematiannya sendiri. Saat mengalami sesak napas, dia terus melantunkan zikir hingga akhirnya pergi menghadap Yang Maha Kuasa.

“Tidak ada sama sekali kekhawatiran galau dan sedih. Kenapa hati saya sepeti ini, mungkin jawabnya itu orangtua saya adalah orang pengamalan agamanya jauh. Dia bisa membaca Al-Quran 10 juz satu hari. Jadi dalam 3 hari sudah tamat,” lanjut Ahmad terkait kematian Kiai NU H. Muhammad Idrus Makkawaru dan Siti Saniah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

19.9kFans
347Followers
702kSubscribers
90.2kFollowers