Tips Agar Motor Matic Tetap Nge-gas di Tanjakan

Beepdo.com, Jakarta Motor matic kamu bermasalah ketika jalan di tanjakan? Sebelum membahas soal tipsnya, sebenarnya ada satu hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Awal mulanya motor jenis skutik memang dirancang untuk masyarakat yang tinggal diperkotaan yang jalanannya sendiri cenderung datar.

Transmisi CVT (continuous varable transmission) sendiri memang lebih cocok untuk jalan datar. Tapi, kenyatannya motor skutik juga dilirik oleh masyarakat yang tinggal di daerah-daerah perbukitan yang banyak melewati tanjakan. Tentu saja kini motor matic juga bisa digunakan di jalan tanjakan.

Dilansir dari Balipart.com, Senin (24/8/2020), ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba. Saat berada di jalan tanjakan kamu harus tetap menjaga drive penggerak agar berada pada rasio terkecil. Gambarannya, pulley depan alias rumah roller harus berada pada bukaan terlebar sehingga v-belt berputar pada poros terendah pada pulley.

Hal tersebut juga akan membuat v-belt tetap berada pada bagian terluar di pulley belakang (secondary/driven pulley). Caranya, kamu bisa mengganti roller yang lebih ringan 2 tingkat dari standar. Dengan roller yang lebih ringan, timing bukaan pulley juga akan bergeser ke RPM lebih tinggi.

Kamu juga bisa mengganti per CVT dengan yang lebih keras (1500 atau 2000 RPM), tapi hal ini nggak disarankan kalau V-belt dan mesin kalian masih standar belum bore up. Kerja belt nantinya bakal lebih berat alias maksa, lama-kelamaan malah jadi gampang putus. Selain itu tentu saja kamu juga harus memerhatikan oli mesin motor. Gunakan oli khusus mesin matic agar performa sempurna. Belinya di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat