Sering Diabaikan, Ini Tips Aman Menggunakan Microwave

Beepdo.com, Jakarta Sebelum membahas soal tips menggunakan microwave yang aman, ada baiknya kita bahas dulu apa perbedaan microwave dengan oven? Beberapa orang ada yang masih menganggap kalau microwave dan oven tersebut sama, padahal beda lho. Kedua alat ini memiliki perbedaan dari penggunaan hingga jenisnya.

Penggunaan oven tergantung pada kebutuhan dan jenis ovennya, sementara untuk microwave cenderung lebih mudah dan simple. Kalau ingin menggunakan microwave kamu cukup mengatur lama pemanasan pada fitur dan biarkan microwave bekerja. Proses pemananan pada oven itu tergantung pada jenis oven yang digunakan, sementara microwave proses pemanansan bisa dilakukan lebih cepat.

Jadi itulah beberapa perbedaan antara oven dan microwave. Kalau kamu membutuhkan alat untuk memanaskan masakan saja, maka kamu memang lebih tepat untuk membeli microwave. Penggunaannya simple, microwave juga harganya lebih murah dan lebih hemat energi. Yuk, sekarang simak tips menggunakan microwave di bawah ini.

1. Jangan Panaskan ASI dengan Microwave

Jika ASI dipanaskan di microwave, maka nutrisi yang terdapat dalam susu malah akan berkurang, selain itu juga bisa memunculkan bakteri E-coli 18 kali lebih banyak ketimbang dipanaskan dengan cara lainnya.

2. Jangan Memanaskan Makanan Terlalu Lama

Pastikan kamu mengeset waktu pemanasan dengan benar, jangan sampai kamu memanaskan makanan terlalu lama yang bisa berakibat makanan menjadi gosong dan kehilangan nutrisinya.

3. Jangan Menggunakan Wadah Berbahan Plastik atau Logam

Kamu harus menggunakan wadah khusus untuk microwave yang artinya wadah tersebut tahan panas. Kamu bisa menggunakan wadah kaca, tapi hati-hati karena bisa panas saat diangkat.

4. Jangan Masukkan Daging Beku Langsung ke Microwave

Sebelum memasukkan daging beku ke microwave ada baiknya kamu diamkan daging tersebut dulu hingga tidak beku lagi. Daging beku yang dipanaskan ke microwave malah akan menyebarkan dan meracuni makanan yang lainnya.

5. Membersihkan Microwave Usai Menggunakannya

Sehabis menggunakan sebaiknya kamu langsung membersihkan microwave kamu dari sisa-sisa makanan yang mungkin terjatuh. Bersihkan dengan lap kering. Untuk mengatasi bau makanan yang tersisa kamu bisa menggunakan wadah berisi air dan jeruk nipis yang dipanaskan selama 30 menit di dalam microwave.

Jadi, itulah beberapa tips yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan microwave. Buat kamu yang langsung tertarik ingin membeli microwave, maka jangan pusing karena kamu bisa langsung membelinya secara online di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat