Ponsel Overheat Bisa Berbahaya, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beepdo.com, Jakarta Ponsel kamu cepat panas atau overheat? Pasti langsung panik deh, bertanya-tanya ponselnya kenapa padahal belum lama beli. Jangan dulu panik ya guys karena pasti ada penyebab dan tentunya juga ada solusinya buat kamu. Pertanyaannya, apakah ponsel kamu sering digunakan untuk main game?

Tapi ya memang nggak melulu ponsel panas karena selalu dipakai main game. Banyak penyebab mengapa ponsel jadi cepat panas. Umumnya panas tersebut muncul dari komponen baterai, prosesor dan panel. Kalau ponsel bagian belakang kamu panas, maka bisa jadi karena baterainya yang kurang bagus atau adanya malfunction.

Baterai dapat cepat panas bila ponsel menggunakan charger berteknologi fast charging karena charger tersebut memiliki daya yang besar. Jadi, ponsel kamu memang harus support fast charging kalau ingin menggunakan chargeran fast charging. Tapi, amannya kamu yang ponselnya sudah menggunakan fast charging tetap menggunakan charger yang normal supaya nggak panas.

Ada juga penyebab lain mengapa ponsel kamu cepat panas dan mungkin saja hal inilah yang malah kamu sering lakukan. Beberapa penyebab ponsel panas, yakni streaming tanpa henti, setting tidak optimal. Faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi ponsel cepat panas, misalnya saja kamu meletakkan ponsel di perangkat yang mengeluarkan panas.

Ponsel yang panas juga bisa terjadi karena ponsel yang update aplikasi dan OS. Updatean tersebut bisa saja malah menimbulkan bug. Bisa juga ponsel panas karena terjangkit malware lalu karena baterai ponsel yang telah penuh tetap kamu isi. Jadi, bagaimana cara mengatasi ponsel yang panas supaya ponsel juga nggak gampang rusak?

Kamu harus terlebih dahulu mencegah overheat, ingat, penggunaan ponsel juga harus sewajarnya, jangan biarkan ponsel tersebut bekerja tanpa henti karena kamu main game atau streaming seharian. Selain itu ada beberapa hal lagi yang bisa kamu lakukan, seperti dilansir dari Insider, yakni menggunakan mode hemat daya, hapus aplikasi yang menguras tenaga, kurangi kecerahan layar.

Jangan lupa juga untuk mematikan wifi, GPS dan Bluetooth, tutup aplikasi apabila sudah tidak lagi digunakan. Gunakan charger non-fast charging supaya ponsel kamu nggak gampang panas. Jadi, nggak ada salahnya untuk kamu mencari charger yang berkualitas supaya ponsel kamu juga awet. Beli chargernya di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat