Sering Bikin Bingung, Ini Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Busi Kendaraan

Beepdo.com, Jakarta Busi menjadi salah satu komponen yang penting untuk sepeda motor. Rata-rata usia busi pada motor antara 8.000 sampai 10.000 km. namun tidak sedikit juga kendaraan yang businya cepat sekali rusak. Tentunya hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah karena pemasangan yang kurang tepat.

Kebocoran kompresi mesin juga bisa membuat busi menjadi gampang rusak. Kalau busi sudah mulai rusak, maka jangan berpikir terlalu lama, itu artinya busi harus segera diganti dengan yang baru. Lalu bagaimanakah tips memilih yang bagus dan berkualitas? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini seperti dilansir dari Yamaha-motor.co.id.

1. Ukuran busi

Pastikan ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Karena jika tidak sesuai maka kemungkinan busi akan longgar, overheat, terkena endapan karbon sehingga pengapian tidak sempurna dan bahkan bisa merusak piston.

2. Angka panas busi

Pastikan angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan, karena apabila angka panas busi yang dipakai terlalu besar atau busi terlalu dingin, maka akan mengakibatkan pengendapan karbon pada busi anda (carbon fouling).

Dan apabila angka yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan mengalami overheat dan mengakibatkan misfire (gagal pengapian).

3. Keaslian busi

Pastikan busi yang dipakai adalah busi asli, adapun cara membedakannya adalah sebagai berikut :

  1. Pada busi asli terdapat kode nomor produksi, sedangkan busi palsu tidak
  2. Pada busi asli, gasket (ring) sangat sulit dilepas, sedangkan busi palsu gasket mudah lepas (longgar)
  3. Pada busi asli, metal shell lebih mengkilap karena diproses plating Cr3 sedangkan busi palsu warna metal shell agak buram dan mudah berkarat
  4. Pada busi asli, ulir terminal nut lebih halus dan rapi daripada busi palsu
  5. Konstruksi ujung elektroda, gap dan poenyambungan pada busi asli sangat rapi, pada busi palsu tidak rapi

Jasi itulah tips memilih busi yang tepat supaya motor kamu juga nggak gampang rusak. Lalu di mana beli businya? Kamu bisa membelinya langsung di sini guys.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat