Tips Merawat Knalpot Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Rusak

Beepdo.com, Jakarta Knalpot, kamu yang punya motor banget pasti paham banget deh sama bagian yang satu ini. Secara teknis knalpot adalah saluran pembuangan dari sisi hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Knalpot sendiri biasanya ada di bagian belakang, tepatnya sisi belakang bagian kanan.

Supaya tampilan knalpot semakin keren, banyak orang yang mengganti knalpot bawaan dengan knalpot yang dimodif. Biasanya knalpot tersebut memiliki bentuk yang memang seusia pesanan dengan suara juga yang berbeda dengan knalpot aslinya. Lalu bagaimanakah tips supaya knalpot awet?

Tips Merawat Knalpot Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Rusak. (Facebook.com)

 

Pastinya kamu pengin banget donk knalpot yang kamu gunakan awet supaya nggak setiap bulan uang keluar hanya untuk beli knalpot? Nah, di bawah ini adalah tips merawat knalpot sepeda motor agar tidak cepat rusak, seperti dilansir dari Moladin.com, Senin (31/08/2020).

1. Bersihkan Knalpot Setiap Kali Kehujanan

Senyawa asam yang ada dalam air hujan bisa merusak bagian knalpot. Leher knalpot merupakan bagian yang sering menjadi lokasi bersarang karat. Kalau karat dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa knalpot berlubang. Jadi, setiap kali motor terkena hujan langsung bersihkan dengan air bersih dan lap sisa airnya dengan menggunakan kain.

2. Selepas dari Pantai, Jangan Lupa Bilas Knalpot agar Tidak Berkarat

Air laut juga bisa menyebabkan korosi yang lebih kuat dan prosesnya lebih cepat disbanding dengan air biasa.  leher knalpot bisa menjadi bagian paling berisiko timbulnya karat.

3. Olesi Leher Knalpot dengan Oli

Mengolesi leher knalpot dengan oli bisa menghilangkan karat yang menempel. Caranya kamu hanya perlu menyalakan motor selama beberapa menit hingga mesin panas, lalu olesi bagian knalpot yang berkarat dengan oli.

4. Pastikan Drainase tidak Buntu

Pastikan drainase pada motormu tidak tersumbat karena drainase inilah yang membantu membuang air-air yang masuk akibat kamu mencuci motor ataupun saat terkena hujan. Drainase yang tersumbat bisa menyebabkan bagian knalpot tergenang air sehingga berpotensi mengalami korosi.

Tips Merawat Knalpot Sepeda Motor Agar Tidak Cepat Rusak. (Bukalapak.com)

 

5. Knalpot Bocor?

Kalau bensin kamu cepat habis, maka bisa jadi salah satu penyebabnya adalah knalpot yang mengalami kebocoran. Untuk mengatasi hal yang satu ini kamu harus menambal bagian knalpot yang bocor menggunakan pelat galvanis.

Tips agar membuat knalpot tetap awet adalah dengan merawat glaswool yang berfungsi meredam suara knalpot agar tidak pecah. Kalau knalpot kamu sudah mulai bising, maka itu artinya glasswool harus segera diganti. Kamu lagi mencari knalpot murah? Cuma di sini tempatnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat