Ini Dampak Penerapan Tol Laut dari Pemerintahan Presiden Jokowi

Beepdo.com– Program tol laut yang dicanangkan Pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi sejak 2014 ternyata berdampak secara positif terhadap penurunan harga bagi masyarakat di wilayah Indonesia Timur yang secara geografis adalah wilayah kepulauan.

Meski demikian pemerintah juga mendapati biaya logistik jalur darat khususnya di wilayah Indonesia Timur masih menjadi hambatan dalam upaya menurunkan biaya logistik distribusi barang kebutuhan pokok.

Forum PWI Jaya. (Istimewa)

Kesimpulan ini didapat dalam Forum PWI Jaya bertema ‘Upaya Ditjen Laut Kementerian Perhubungan Menjamin Ketersediaan Sarana dan Prasarana Transportasi Laut Nasional Yang Optimal’ digelar Rabu, 2 September pukul 14.00 di Auditorium PWI Jaya, Lantai 9 Gedung Prasada Sasana Karya, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Captain Antoni Arif Priadi, Pengamat dari MTI Fokus Maritime, Lenny Maryouri dan pengamat maritim Siswanto Rusdi.

Forum PWI Jaya. (Istimewa)

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Captain Antoni Arif Priadi menuturkan survei yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri menemukan sejumlah hal menggembirakan dari pelaksanaan program Tol Laut yakni penurunan tingkat harga barang pokok, penurunan disparitas harga bahan pokok antara kawasan Indonesia Timur dan Barat.

“Program tol laut (Presiden Jokowi) menguntungkan bagi kegiatan perdagangan sebagian besar komoditas pangan strategis terutama ikan segar, cabai dan bawang hingga terjadi penurunan biaya logistik ke tingkat konsumen,” tuturnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat