Ini Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan saat Kaki Terkilir

1

Beepdo.com, Jakarta Apa yang akan kamu lakukan ketika kaki kamu mengalami keseleo atau terkilir? Beberapa orang ada yang ngediemin begitu aja, tapi yang lainnya mungkin memilih untuk langsung pergi ke tukang urut. Tapi, sebenarnya pa sih hal yang pertama kali dilakukan ketika kita merasa ada kaki kita yang terkilir?

Dilansir dari Hallosehat.com, Minggu (27/9/2020), ada beberapa tanda atau gejala yang datang ketika kamu mengalami keseleo ataupun terkilir, yakni rasa sakit atau nyeri berdenyut, pembengkakak, area yang bermasalah terasa luna dan hanngat serta memar. Kalau masih ringan tentu kamu bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Ini Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan saat Kaki Terkilir. (bestglitz.com
  1. Melindungi Area Tubuh yang Keseleo

Ketika kamu merasa keselo, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalag dengan memasang penyangga supaya cederanya tidak semakin parah. Misalnya kamu memakai sepatu yang bisa meninggikan dan mendukung kaki kamu.

  1. Memberinya Waktu untuk Beristirahat

Jika kamu sudah merasa keselo, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah hentikan semua aktivitas yang menyebabkan kamu cedera. Beri waktu untuk tubuhmu yang sedang mengalami luka itu untuk beristirahat. Jangan tempatkan beban berat pada area yang terkilir selama 48 jam.

  1. Kompres Dingin

Jika ada area yang membengkak, maka yang harus kamu lakukan adalah mengompresnya dengan kompres dingin atau es baty. Letakkan kompres dingin di area yang membengkak dalam 48-72 jam setelah cedera selama 20-30 menit setiap 2-3 jam sekali.

  1. Perban Khusus Keselo

Gunakan perban elastis sederhana untuk membatasi pembengkakan dan terlalu banyak pergerakan yang bisa jadi akan semakin memperparah cederamu itu.

  1. Angkat

Jika kaki atau tangan kamu yang keseleo, sangga kaki yang bermasalah tersebut untuk meninggikan posisinya di atas jantung selama 48 jam pertama.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Ada beberapa obat Pereda nyeri yang bisa kamu minum, seperti asam mefanamat, ibuprofen, parasetamol atau Panadol. Tapi, kamu harus bijak menggunakan obat tersebut ya. Bila perlu konsultasikan ke dokter.

  1. Hindari Empat Hal

Dalam dua hari pertama setelah cedera, kamu diharuskan untuk menghindari panas, misalnya berendam air panas atau koyo panas. Lalu hindari mengonsumsi alkohol yang akan meningkatkan pendarahan dan pembengkakan, sekaligus memperlambat proses pemulihan. Lalu kamu juga dilarang berlari serta melakukan pemijatan.

Buat kamu yang kini tengah terkilir, maka juga bisa menggunakan obat salep Zam-buk yang membantu meredakan memar dan terkilir ringan, gatal akibat gigitan seranggan dan nyamuk serta membantu meredakan rasa nyeri dan gatal-gatal ringan. Tunggu apa lagi, langsung dibeli salepnya mumpung ada promo Shopee x Bayer di Shopee yang berlangsung hingga 30 September mendatang.

Ini Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan saat Kaki Terkilir. (Shopee.co.id)

Shopee x Bayer! Stay healthy with Bayer, dapatkan diskon hingga 50%. Penuhi keranjang belanjaanmu sekarang, jangan sampai ketinggalan.” Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja mampir ke Bayer Health Official Partner yang ada di Shopee.co.id. Yuk, belanja di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat