Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya

0

Beepdo.com, Jakarta Kehamilan menjadi sebuah momen yang berharga untuk seorang perempuan, apalagi di kehamilan pertama. Pasti akan ada banyak pengalaman baru yang nggak mungkin bisa terlupakan. Tidak boleh dilupakan juga kalau momen kehamilan membawa dampak perubahan pada ibu hamil.

Salah satu perubahan tersebut adalah munculnya masalah kulit yang memang umum dialami oleh para ibu hamil. Tapi tenang saja karena masalah kulit tersebut dapat teratasi. Di bawah ini adalah pencegahan dan penanganan masalah kulit yang dialami oleh para ibu hamil seperti dilansir dari Thebump.com, Kamis (1/10/2020).

1. Kulit Sensitif

Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya. (Shopee.co.id)

Ketika sedang hamil kulit bunda akan lebih sensitif dari biasanya, apalagi buat bunda yang sebelumnya memiliki kulit normal. Saat hamil kulit bunda bisa menjadi mudah memerah ketika digosok terlalu keras.

Untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini, sebaiknya bunda harus menghindari scrub. Saat mandi sebaiknya, gunakan spons yang halus. Jangan ragu untuk menggunakan losion yang terbuat dari bahan alami.

Yuk, atasi masalah bunda dengan produk yang satu ini.

2. Jerawat

Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya. (Shopee.co.id)

Saat hamil salah satu masalah kulit yang paling banyak dihadapi adalah munculnya jerawat. Tentunya bunda tidak bisa mengobati jerawat dengan obat yang biasanya. Obat-obat jerawat seperti retinol-A atau tetrasiklin sebaiknya dihindari ibu hamil.

Jangan menyentuh jerawat apalahi memencetnya, untuk mengatasi masalah jerawat bunda bisa melakukan pembersihan ringan dan menggunakan uap untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Ada produk penghilang jerawat buat ibu hamil yang bisa kamu beli di sini.

3. Kulit Kering

Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya. (Shopee.co.id)

Kulit kering dan terasa gatal juga banyak dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi masalah yang satu ini bunda harus banyak minum air putih karena saat hamil bunda memang butuh lebih banyak minum air.

Solusi lainnya adalah dengan menggunakan humidifier yang diletakkan di kamar saat malam hari untuk membantu tubuh menjaga kelembapan. Selain itu jangan lupa juga untuk menggunakan losion yang lembut.

Mungkin ini adalah losion yang cocok buat bunda, beli di sini.

4. Stretch Mark

Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya. (Shopee.co.id)

Ini adalah masalah kulit yang banyak ditakuti oleh wanita. Tapi jangan terlalu khawatir bunda, kamu bisa mencoba menghindari munculnya stretch mark dengan menggunakan pelembap pada perut, payudara, pinggul, serta paha sesering mungkin.

Yuk, hindari stretch mark dengan produk yang satu ini.

5. Ruam

Masalah Kulit pada Ibu Hamil Beserta Cara Mengatasinya. (Shopee.co.id)

Ruam juga bisa datang menghampiri para ibu yang sedang hamil. Ruam kehamilan yang umum terjadi adalah Papula Urtikaria Pruritus (PUPPP) atau plak kehamilan yang biasanya dimulai dari perut lalu menyebar ke seluruh tubuh.

Untuk mengatasi ruam bunda bisa mengoleskan obat ruam ini.

Jadi itulah beberapa masalah kulit yang sering dihadapi oleh ibu hamil dan bagaimana cara pencegahannya. Jangan terlalu khawatir ya bunda karena yang terpenting adalah kesehatan dan kebahagiaan bunda dan buah hati.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat