Beepdo.com, Jakarta Sikat gigi biasa atau sikat gigi manual hingga kini memang masih banyak digunakan oleh masyarakat. Sikat gigi yang telah hadir sejak tahun 1930-an ini memungkinkan kamu untuk menggososk gigi dengan tekanan yang kamu inginkan. Semuanya dikontrol dengan tangan atau genggamanmu sendiri.

Hal tersebut tentu jauh berbeda dengan sikat gigi elektronik yang membuatmu tak perlu capek-capek menggerakkan serta memberikan tekanan pada tangan ketika menggosok gigi. Menggosok gigi dengan sikat gigi elektronik kamu hanya perlu memposisikan sikat pada sudut 45 derajat dan biarkan sikat bekerja dengan sendirinya.

Sikat Gigi Elektrik vs Biasa, Mana yang Lebih Baik. (self.com)

Tapi tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari keduanya, baik sikat gigi biasa ataupun sikat gigi elektronik. Kelebihan dari sikat gigi biasa adalah sangat efektif untuk membersihakn gigi, tentunya jika hal tersebut dilakukan dengan Teknik yang tepat. Selain itu, jangan ragukan lagi soal harga sikat biasa yang memang dikenal murah dan praktis.

Sikat biasa yang telah hadir sejak puluhan tahun yang lalu ini juga memiliki beragam variasi produk dan juga merek. Jangan lupakan juga soal harga dari yang murah hingga malah, semua bisa disesuaikan dengan isi kantong kamu. Tidak hanya untuk dewasa, versi anak-anak dari fungsi dan model juga banyak tersedia dipasaran.

Lalu apa kekurangan dari sikat gigi biasa? Kampu pastinya perlu tenaga dan waktu ekstra ketika menggunakannya. Kamu juga perlu mengira-ngira berala lama kamu harus menyikat gigi. Nah, bagaimana dengan kelebihan sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik sangat cocok untuk anak-anak dan orang yang memiliki keterbatasan gerak.

Selain itu sikat gigi elektrik juga terbukti ampuh mengurangi plak 21 persen lebih banyak dan menurunkan risiko gingivitis (radang gusi) hingga 11 persen. Tersedianya timer sehingga kamu tidak perlu mengira-ngira lagi sudah berapa lamu menggosok gigi. Kamu juga nggak perlu menggosok  gigi terlalu keras agar lebih bersih.

Tapi sikat gigi elektrik tentu juga memiliki kekurangan nih, salah satu yang paling disoroti adalah soal harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan sikat gigi biasa. Sikat gigi elektrik juga memiliki ukuran yang lebih besar sehingga membuatnya sulit untuk disimpan dalam tas atau koper saat hendak berpergian.

Sikat Gigi Elektrik vs Biasa, Mana yang Lebih Baik. (lazada.co.id)

Beberapa studi juga menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat meningkatkan jumlah bakteri dalam aliran darah melebihi sikat gigi manual. Jadi, baik sikat gigi biasa ataupun sikat gigi elektrik memang melebihi kelebihan dan kekurangannya sendiri tinggal bagaimana kamunya aja deh sekarang mau pilih yang mana. tapi, kalau kamu sudah menjatuhkan pilihan pada sikat gigi elektrik, maka langsung saja beli di sini.