Sonia Wibisono Rayakan Ultah dengan Cara Khas di Tengah Pandemi Covid-19

0

Beepdo.com,- Keadaan terbatas membuat orang berfikir kreatif. Meski Jakarta dan sekitarnya dan banyak wilayah lain di Indonesia masih dilanda pandemi Sonia Wibisono punya cara sendiri untuk merayakan hari pertambahan usianya.

Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan banyak orang secara drastis. Tidak hanya dalam soal ekonomi, namun juga dalam kehidupan sosial yang menyangkut kesehatan mental, gaya hidup, hubungan orangtua dengan anak, hubungan pasutri, dan interaksi dengan orang lain secara umum. Nyaris tidak ada yang siap ketika harus berada di rumah dalam waktu lama, setelah sebelumnya bebas beraktifitas di luar rumah. UN DESA (The UN Department of Economic and Social Affairs) menyatakan bahwa efek isolasi (lockdown) dan pembatasan sosial (social distancing) menyentuh semua segmen masyarakat, mulai dari ekonomi bawah hingga atas, tua maupun muda, di kota besar hingga pedalaman. Tidak ada yang bebas dari efeknya.

Termasuk Sekjen PBB juga menyebut masa pandemi ini dengan istilah “ultra vulnerable”, masa yang sangat rawan di mana jutaan demi jutaan orang tidak mampu melindungi dirinya sendiri. Dan untuk itulah, perlu solidaritas tingkat tinggi dari semua orang untuk saling membantu sesamanya (COVID-19 Global Humanitarian Response Plan, 23 Maret 2020).

Sebagai bagian dari tanggung jawab sebagai praktisi kesehatan dalam membantu penanggulangan wabah Covid-19 serta mengurangi laju penularan, dr. Sonia Wibisono memprakarsai sejumlah kegiatan, di antaranya edukasi masyarakat terhadap pencegahan penularan virus Covid-19, edukasi tentang perlunya menjaga keseimbangan diri selama menjalani masa isolasi atau pembatasan sosial, serta edukasi tentang menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Tidak hanya program edukasi, ia juga mengeluarkan produk pemeliharaan kesehatan berupa spray anti virus- anti bakteri dengan brand LAVME, yang tercipta melalui kolaborasi bersama dr. Reisa Broto Asmoro.

Sonia Wibisono. (Instagram.com/soniawibisonoofficial)

Dalam acara perayaan ulang tahun-nya kali ini, dr. Sonia Wibisono memilih untuk memanfaatkan momen tersebut untuk mengundang para praktisi kesehatan dan publik figure guna berbagi pengetahuan serta kiat hidup sehat, bahagia, dan seimbang selama masa pandemi Covid-19. “Saya ingin menyebarkan ilmu kepada orang banyak, kepada teman-teman, dan terutama kepada masyarakat. Banyak orang merasa sumpek, ketakutan, dan cemas selama masa pandemi ini. Mereka perlu informasi tentang cara agar bisa tetap produktif, bahagia, dan sehat di tengah situasi yang tak menentu ini,” ujar dr. Sonia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat