Hal-hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Pasang AC di Rumah

0

Beepdo.com, Jakarta Di zaman seperti sekarang ini, AC memang menjadi sebuah kebutuhan yang penting, apalagi di tengah cuaca yang kalau sudah panasnya bisa bikin gerah dan jadi gampang emosi. Keberadaan AC juga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Jadi, nggak heran kalau banyak orang yang kini memakai AC nggak hanya di kamar, tapi juga hampir di semua ruangan.

Hal-hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Pasang AC di Rumah. (Thespruce.com)

Kalau kipas angina tentu saja tidak menjangkau semua tempat, tapi kalau AC bisa bikin sejuk seluruh ruangan yang kamu inginkan nih.  Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk membeli sebuah AC. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pemakaian Daya Listrik

Coba check terlebih dahulu, apakah AC yang ingin kamu beli tersebut pemakaian daya listriknya tinggi atau rendah, apakah sesuai dengan daya listrik yang kamu miliki? Jangan sampai juga tagihan bulan kamu membengkak gara-gara ACnya memakai daya listrik terlalu besar.

2. Sesuaikan dengan Budget yang Ada

Ada AC yang bisa dipasang sendiri, tapi ada pula AC yang harus dipasangkan oleh para tenaga ahli. Jadi selain soal uang untuk membeli AC, maka kamu juga harus memikirkan biaya tambahan yang harus dibayar. Coba pilih AC yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, membeli dan memasangnya.

3. Nilai PK AC

Perlu kamu ketahui bahwa PK dapat mempengaruhi tingkat dingin AC dan pemakaian daya listrik. Kalau PHnya rendah, maka suhu di ruangan akan lama dinginnya. Coba disesuaikan aja, cara menghitungnya adalah ruangan dengan luas sekitar 10m2 sebaiknya gunakan ½ PK. Sedangkan ruangan dengan luas 14m2, bisa digunakan ¾ PK dan seterusnya.

4. Jangan Sampai Terjadi Korslet

Sekali lagi, jika membeli AC daya listriknya harus disesuaikan juga dengan daya atau instalasi listrik di rumah kamu. jangan sampai daya listrik rumahmu kecil, tapi dipaksakan menggunakan AC, yang ada nanti malah jadinya korslet lho.

5. Fitur yang Ada di Produk AC

Banyak produk AC yang beredar di pasaran memiliki beragam fitur dengan kecanggihannya masing-masing. Jadi nggak ada salahnya sebelum membeli pikirkan terlebih dahulu mana merek AC yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Hal-hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Pasang AC di Rumah. (lazada.co.id)

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli AC. Jadi, sudah tahu mau beli AC merek apa? Ini lho Beepdo.com punya rekomendasinya, yuk, langsung belanja di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat