5 Wisata Syariah, Kamu Harus Coba

0

Beepdo.com, Jakarta – Indonesia berupaya terus mengembangkan wisata syariah di Tanah Air. Lima wilayah ini bakal menjadi wilayah tujuan wisata syariah, yaitu Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, dan Lombok.

Kelima wilayah tujuan wisata syariah tersebut ditentukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, budaya masyarakatnya, produk wisata daerah, serta akomodasi wisatanya. Adapun penetapan destinasi wisata syariah itu merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014 lalu.

Langsung saja, ada apa saja sih di lima wilayah itu:

1. Sumatera Barat

Kereta api melintas di danau Singkarak (Katalog Wisata)

Nama Sumatera Barat sesungguhnya sudah mendunia, seiring dengan seringnya diselenggarakan festival dan event yang bertaraf internasional, diantaranya lomba balap sepeda Tour de Singkarak, Paralayang Event Fly for Fun in Lake Maninjau, kejuaraan selancar Mentawai International Pro Surf Competition, dan masih banyak lagi event dengan skala yang lebih kecil. Selain itu, di Sumatera Barat juga kerap diselenggarakan festival atau event khas budaya Sumatera Barat, diantaranya Festival Rendang, Festival Tabuik, seni bertenun, dan lain-lain.

Selain itu, Sumatera Barat sudah memiliki akomodasi wisata, seperti hotel dan agen perjalanan yang cukup baik. Pada akhir tahun 2012, Sumatera Barat telah memiliki 221 hotel dengan jumlah kamar mencapai 5.835 unit. Serta sejumlah hotel berbintang empat dan lima di Kota Padang dan Kota Bukittinggi, yang kesemuanya ini menunjukkan bahwa secara fasilitas, budaya, dan tujuan wisata, Propinsi Sumatera Barat telah benar-benar siap menjadi salah satu destinasi wisata syariah di Indonesia dan bahkan di dunia.

2. Riau

festival bakar tongkang (Wisata Riau)

Walaupun Riau terkenal dengan musibah asapnya beberapa tahun terakhir, tetapi Riau juga memilik tempat yang tak kalah menarik dari provinsi lainnya di Indonesia. Diantaranya wisata alam, religi, budaya dan sejarah yang tersebar di kabupaten kota di Riau. Ada beberapa objek wisata Riau yang sudah go Internasional, diantaranya objek wisata Bono dan kegiatan tahunan Bakar Tongkang. Dan lebih dari 200 tempat wisata lainya yang siap manjakan liburan kamu.

3. Lampung

Taman Satwa Lembah Hijau Wisata Bandar Lampung (Rahmawatie)

Kota Lampung merupakan salah satu kota besar dengan luas wilayah terbentang 169.21 km persegi. Dengan penduduknya terpadat ketiga ini ternyata Lampung memiliki tempat wisata dan wisata kuliner yang menjanjikan. Baik tempat wisata di Lampung Tengah, Lampung Timur dan wilayah lain ternyata memiliki keindahan dan tempat yang asik untuk disinggahi. Bagi anda yang datang ke tempat ini sangat sayang jika tidak mengunjungi tempat wisata di Lampung. Di antaranya, Taman Nasional Way Kambas, Puncak Mas Sukadanaham, Taman Amalilah, Way Bekhak dan Curup Gangsa yang eksotis.

4. Banten

banten wisata (Wisata Banten)

Berdiri sejak tahun 2000 silam, Banten terus berbenah dan mengembangkan sektor pariwisatanya. Provinsi yang merupakan pemekaran dari Jawa Barat ini menawarkan ragam destinasi wisata yang menarik kepada wisatawan.
Banten memiliki banyak pantai karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Selat Sunda. Selain itu, provinsi ini juga masih memiliki kawasan pegunungan yang alami. Tidak hanya wisata alam, Banten juga memiliki banyak taman hiburan. Sudah sepantasnya pula Banten menjadi tujuan wisata syariah dikarenakan memiliki sejarah yang panjang dan erat hubungannya dengan agama Islam. Salah satunya adalah Masjid Agung Banten yang didirikan pada masa kepemimpinan Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570

5. Lombok

Wisata lombok yang menarik (MyTrip)

Lombok menjadi daerah pertama sekaligus satu-satunya di Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengenai pariwisata halal. Hal ini dirumuskan oleh DPRD NTB untuk menguatkan branding pariwisata halal yang kini melekat pada provinsi tersebut. Jika mau jujur, keindahan alam Lombok memang memiliki daya tarik tersendiri seperti halnya Bali. Ada banyak sekali tempat wisata di lombok ini yang membuat wisatawan terkagum – kagum dengan keindahannya, jadi anda perlu perencanaan jadwal yang baik agar tak melewatkan setiap jengkal keindahan lombok ini. Antara lain, Pantai Senggigi, Gunung Rinjani. Yang lebih menakjubkan, sudah lebih dari 100 hotel bersertifikat halal.

Sedikit informasi tambahan ya gaes, wisata syariah sebenarnya bukanlah wisata eksklusif karena wisatawan non-Muslim juga dapat menikmati pelayanan yang beretika syariah. Wisata syariah bukan hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi, melainkan pula mencakup ketersediaan fasilitas pendukung, seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat shalat. Apakah anda sudah menjelajahi ke semua wilayah itu?

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers