Hari Ini Planet Mars Berada di Posisi Paling Dekat dengan Bumi

0

Beepdo.com, Jakarta Malam ini, Selasa (6/10/2020) fenomena alam yang langka bisa terlihat, yakni planet Mars akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Perlu kamu tahu bahwa saat ini planet Mars berada di jarak 62 juta kilometer dengan Bumi. Sementara itu jarak terjauhnya adalah 410 juta kilometer.

Fenomena unik ini terjadi lantaran baik Bumi maupun Mars memiliki jalur orbit yang lintasnya tidak bulat sempurna alias berbentu elips saat mengitari Matahari. Hal tersebut yang akhirnya membuat terjadinya fenomena seperti sekarang ini, jarak antara Mars dan Bumi semakin dekat. Lalu apakah fenomena langka ini akan berdampak buat Bumi?

Hari Ini Planet Mars Berada di Posisi Paling Dekat dengan Bumi. (swordstoday.ie)

 

Banyak orang yang pasti akan langsung mencari tahu soal yang satu ini, dilansir dari Inet.detik.com, Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto menjelaskan fenomena planet Mars dekat dengan Bumi disebut oposisi. Kondisinya berbeda dengan ketika Bumi dekat dengan Bula yang akan memiliki pengaruh.

“Tidak ada dampak langsung (berbahaya ke Bumi), seperti saat Bumi dengan Bulan. Tarikan gaya gravitasi Mars juga sangat amat kecil. Keistimewaan fenomena ini bisa mengamati planet Mars dengan mudah karena lebih dekat dan lebih besar,” ungkap Rhorom saat dihubungi oleh detikNET.

Perlu kamu ketahui juga bawa peristika Planet Mars dekat dengan Bumi ini sangat jarang terjadi. Diperkirakan setelah mala mini, 6 Oktober 2020, peristiwa ini baru akan terjadi lagi pada September 2035 dan pada tahun 2287. Khusus tahun 2035, diperkirakan jalur lintasan Mars akan mendekati Bumi dengan rentang mencapai 56,9 juta kilometer.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.