Cafe Code: Ini Soal Penangguhan Penahanan yang Harus Kamu Tahu

0

Beepdo.com – Cafe Code kali ini membahas tentang penangguhan penahanan yang sering diajukan oleh seorang tersangka atau terdakwa ketika dirinya tengah menjalani sebuah proses hukum, yang mengharuskan dia ditahan.

Praktisi hukum, Muhammad Hardiyan Saksono, S.H, M.M mengatakan bawa prosedur penangguhan penahanan memang diatur dalam UU No 8 Pasal 31 tAHUN 1981.

Muhammad Herdian Saksono S.H,M.M (Instagram Muhammad Herdian Saksono)

Isi pasal itu menjelaskan bahwa adanya penangguhan penahanan terjadi karena adanya permintaan dari tersangka, terdakwa, penyidik, Jaksa Penuntut Umum, hingga Hakim, dan tanpa jaminan uang atau orang berdasarkan syarat yang ditentukan.

Menurut Hardiyan faktor penangguhan penahanan yang paling penting karena adanya permintaan atau pengajuan dari tersangka atau terdakwa terlebih dulu.

Bila tersangka sudah mengajukan penangguhan kepada penyidik dan terdakwa mengajukan pada hakim, tentu hal itu tergantung daripenyidik dan hakim untuk memutuskan.

Hardiyan berharap agar hanya hakim saja yang bisa memutuskan apakah terdakwa bisa menjalani penangguhan penahanan atau tidak, artinya status orang sudah jadi terdakwa dan kasus sudah masuk ke pengadilan.

Penangguhan penahanan memang sudah sering diajukan oleh beberapa orang yang menjadi tersangka atau terdakwa dalam sebuah kasus hukum.

Yang terbaru tentu artis Vicky Prasetyo mengajukan penangguhan penahanan dalam kasusnya dengan Angel Lelga. Saat itu Vicky Prasetyo menjadi terdakwa, dan pengajuannya dikabulkan oleh hakim.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat