Harus Berkendara Saat Hujan, Lakukan Trik Ini Agar Selamat Sampai Tujuan

1

Beepdo.com, Jakarta Beberapa hari belakangan ini sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan deras disertai angina kencang. Bagaimana dengan mereka yang sedang berkendara? Ketika hujan para pengendara, khususnya pengendara motor tentunya harus ekstra hati-hati, bukan hanya banjir, tapi juga lubang-lubang yang telah tertutup dengan air.

Tak hanya itu, saat hujan jalanan juga akan menjadi sangat licin dan jarak pandang pengendara juga terbatas. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh pengendara adalah dengan menerapkan batas kecepatan dan jarak pengereman yang aman harus benar-benar diterapkan berkendara. Lalu bagaimana trik berkendara aman saat hujan?

Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan. (budgetdirect.com.sg)

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengingatkan jarak pengereman saat berkendara di musim hujan harus dilakukan. “Permukaan yang basah maka bisa membuat cengkeraman ban akan berkurang dan ini berbanding lurus pengendalian yang menurun atau lebih mengatur kecepatan,” terang Jusri seperti dikutip dari Oto.detik.com, Rabu (7/10/2020).

“Saat musim hujan, jarak pengereman akan berbeda dengan kondisi jalanan kering. Ini harus lebih jauh, lebih pelan, tidak melakukan maneuver yang tiba-tiba karena cengkeraman ban akan berkurang,” tambahnya lagi. Jusri menjelaskan jarang pengereman harus dua kali lipat dari biasanya supaya aman.

Hal senada juga diungkapkan oleh Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani. “Pada saat berkendara di kondisi jalanan basah sebaiknya kecepatan dikurangi, jangan disamakan dengan saat jalan kering. Karena saat kondisi hujan, daya cengkeram ban ke permukaan jalan menjadi berkurang,” tegas Agus.

Harus Berkendara Saat Hujan, Lakukan Trik Ini Agar Selamat Sampai Tujuan. (Bukalapak.com)

Kecepatan maksimal pun harus dibatasi, yakni 50km/jam. Pastikan juga kalau motor atau kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi baik. Agar performa tetap maksimal, pastikan rem kamu berfungsi dengan baik. Jangan lupa beli suku cadang berkualitas di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Tampilkan Komentar (1)
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers