5 Makanan Ini Tak Baik Untuk si Kecil, Nomor 2 Paling Sering Dikonsumsi

0

Beepdo.com, Jakarta – Ada beberapa makanan yang tak baik untuk diberikan kepada si kecil. Namun, bagaimana bila buah hati anda mulai belajar makan.

Setelah selesai masa Air Susu Ibu (ASI), anak-anak membutuhkan makanan sehat yang bisa menunjang kesehatan tubuhnya. Di usia 1.000 hari pertama ehidupan inilah yang menentukan untuk mencetak anak yang cerdas dan sehat.

Untuk itu, sebaiknya pastikan makanan yang diasup si kecil baik dan mengikuti anjuran gizi seimbang. Selain memberikan makanan sehat, jangan lupa untuk hindarkan si kecil dari beberapa makanan ini.

1. Madu

Madu (Familina)

Madu adalah sumber gula alami yang baik untuk anak. Akan tetapi madu bisa saja sebabkan keracunan pada si kecil karena mengandung botulisme. Ketika usianya masih di bawah satu tahun, sebaiknya jangan memberikan madu pada anak. Untuk menambahkan rasa manis ke makanannya, sebaiknya tambahkan saja buah alami seperti saus apel dan pisang tumbuk.

2. Permen

Permen (HelloSehat)

Permen dengan bentuk unik dan rasa yang manis jangan dulu diberikan pada anak yang masih kecil. Permen juga sering kali dijadikan sebagai hadiah untuk anak, padahal makanan ini tinggi gula dan tak baik bagi kesehatan. Ketika diperkenalkan permen sejak dini, dapat membuat si kecil ketagihan dan nantinya dapat membuat gigi barunya rusak.

3. Sereal

Sereal (Beritagar)

Beberapa orang tua mungkin sudah mengenalkan sereal pada si kecil. Padahal sereal mengandung gula dan tinggi natrium. Terlalu banyak garam (natrium) pada makanan dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Hal ini ternyata juga berlaku pada anak-anak.

4. Makanan siap saji

Makanan cepat saji tak baik untuk si kecil (VoaIndonesia)

Makanan siap saji dikenal tinggi akan natrium dan juga lemak. Bahkan makanan siap saji atau fast food disebut juga mengandung bahan pengawet yang berbahaya tidak hanya untuk dewasa tapi juga bayi dan balita. Salah satu bahaya konsumsi makanan cepat saji juga dapat membahayakan hati anak. Penyakit kerusakan hati ini disebabkan oleh kandungan minyak trans yang ada dalam makanan cepat saji.

5. Teh dan kopi

Kopi dan teh (HelloSehat)

Kedua minuman ini mengandung kafein dan tanin. Tanin yang terkandung dalam teh bisa menyebabkan malabsorpsi zat besi. Pilihlah ASI untuk anak usia 0-6 bulan dan berikan susu formula saat usianya sudah lebih dari 6 bulan. Air kelapa dan jus dari buah asli juga bisa dipadukan untuk variasi minuman anak.

Itulah beberapa makanan yang tak baik untuk si kecil anda. Jadi, kalu ingin anak anda cemerlang dan berprestasi di sekolah? Mulai sekarang, perhatikan pola makan mereka sehari-hari dan obalah cari resep yang mudah untuk dibuat di rumah dengan bahan makanan sehat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers