Eksklusif: Arti Sebuah Konsekwensi Menurut Psikolog Lita Gading

0

Beepdo.com – Ketika seseorang sudah menetapkan semua keputusan, apalagi seorang figur publik, kata Dr. Lita Gading, M.Psi, dia akan menjadi perhatian. Ketika ketetapan itu ia laksanakan dengan baik pujian akan mengalir sebagai seorang yang bisa dijadikan teladan.

Sebaliknya Ketika dia lalai dari ketetapan itu akan mendapat kritikan pedas dan bahkan tidak jarang cibiran. Sebuah konsekwensi yang sudah dipilih oleh seseorang harus dijalankan dengan konsisten. Misalnya seseorang telah memutuskan untuk hijrah. Setelah memutuskan hijrah perilakunya juga harus disesuaikan.

Lita Gading (Beepdo.com)

“Saya ingin mengangkat masalah tentang sebuah konsekuensi. Apa itu konsekuensi ketika kita sudah mengambil keputusan untuk berhijrah, atau keputusan apa itu,” ungkap Lita Gading.

“Sekarang kita bicara soal hijrah itu sendiri, hijrah itu pindah kebiasaan, cara sikap dan sebagainya. Harus kita kurangi dari kebiasaan sebelumnya, mungkin butuh proses, tapi tetap kita harus niat,” imbuhnya.

Lita kemudian mengambil contoh keputusan hijrah dan berhijab. Dengan memutuskan untuk menutup aurat, maka konsekuensi logis yang mengikuti adalah sikap perubahan lainnya yang sesuai dengan ajaran agama.

“Contohnya, kalau kita berhijab, kita harus menghindari tatapan mata terhadap lawan jenis. Bersentuhan dengan bukan muhrimnya, dihindari bergandengan tangan, apalagi menyentuh atau berpelukan,” Lita kembali menjelaskan.

“Secara psikologis, orang akan menilai bahwa ketika ia berhijab, jika ia tidak melakukan hal-hal dalam tuntutan sosial. Orang akan menilai sebagai seorang yang pencitraan atau terkesan munafik,” sambungnya.

Di akhir wawancara, Lita memberikan saran agar jangan mudah melanggar komitmen demi keuntungan sesaat. Apalagi demi sekadar pencitraan atau mencari uang dengan menghalalkan segala cara.

“Oleh karena itu, saya memberikan saran. Janganlah merusak hal yang sudah baik, hanya demi pencitraan. Apalagi mencari rezeki dengan menghalalkan segala cara, karena Tuhan tau rezeki Tuhan yang atur,” pungkas Lita Gading.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat