Cafe Code: Tak Setuju dengan Pasal-pasal UU Omnibuslaw Cipta Kerja? Kamu Bisa Lakukan Ini

0

Beepdo.com – RUU Omnibus Law Cipta Kerja menuai pro dan kontra. Setelah disahkan oleh DPR RI UU Omnibus Law Cipta Kerja masih direspon dengan demo dan bentuk ketidaksetujuan lainnya. Ada sejumlah pasal-pasal di UU yang krusial dan mendapat perhatian luas.

Ketika tidak setuju dengan pasal tertentu dalam sebuah UU Anda bisa melakukan langkah uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi. Seperti apa Langkah-langkahnya? Praktisi hukum Zul Armain Aziz, SH, MH akan jelaskan di segmen Cafe Code kali ini.

Sebelum membahas lebih jauh, Zul Armain terlebih dulu menjelaskan konsep Omnibus Law. Menurut Zul, Omnibus Law sudah lazim digunakan di Amerika dan Eropa, namun menjadi hal baru di Indonesia.

Namun perjalanan Omnibus Law di Indonesia mengundang kontroversi lantaran terkesan tergesa-gesa. Sementara menurut Zul, ada beberapa hal yang membuat Omnibus Law ini perlu dicermati, salah satunya bertentangan dengan otonomi khusus.

Ini lantaran di Omibus Law, peran pemerintah daerah dipangkas. Dengan demikian terjadi sentralisasi, bukan desentralisasi lagi.

Sementara jika ada pasal atau peraturan lain yang dirasa merugikan rakyat banyak, Zul himbau untuk ajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

“Ajukan aja uji materi ke Mahkamah Konstitusi. Karena bagaimanapun, hakim-hakim di mahkamah konstitusi itu cukup qualified dan punya integritas untuk menentukan benar atau tidak gugatan yang diajukan oleh masyarakat,” jelas Zul.

“Jangan melakukan demo-demo yang anarkis. Itu nggak pas,” pungkas Praktisi hukum Zul Armain Aziz, SH, MH yang juga merasa akan banyak yang kena imbas oleh undang-undang Omnibus Law ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
347Followers
709kSubscribers
90.2kFollowers