Meski Sama-sama Asin, Ini 5 Perbedaan Garam dapur dan Garam laut

0

Beepdo.com, Jakarta Namanya garam pastilah asin, entah itu garam laut ataupun garam dapur. Tapi ternyata banyak perbedaan diantara keduanya lho. Ketika memasak, tentulah rasa masakan akan lebih sedap jika diberi dengan sedikit garam. Lalu garam mana yang bakalan kamu pilih, gara dapur atau garam laut?

1. Tekstur Garam laut dan garam dapur

Salah satu perbedaan yang terlihat pada garam dapur dan garam laut adalah teksturnya. Garam dapur memiliki tekstur yang lebih halus daripada garam laut. Garam laut sendiri biasanya memiliki bentuk kristal tidak beraturan dan berukuran besar. Sementara garam dapur yang dibuatnya digiling akan terlihat lebih halus dan bersih.

Meski Sama-sama Asin, Ini 5 Perbedaan Garam dapur dan Garam laut. (treehugger.com)

 

2. Mana yang Lebih Murah? Garam Laut atau Garam Dapur

Harga garam dapur yang memang sering kamu gunakan pasti kamu sudah paham banget sama harganya. Soal harga, garam laut harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan harga garam dapur. Tapi, harga keduanya masih bisa dijangkau kok.

3. Bagaimana dengan Kandungan Garam Dapur dan Garam Laut?

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya soal yang satu ini, garam dapur memiliki kandungan yodium, natrium klorida sekitar 97% dan zat anti-caking serta natrium klorida alami. Garam laut memiliki kandungan mineral kalium, zat besi dan seng. Soal natrium klorida alami, garam laut juga memilikinya hanya saja kadarny abergantung dari sumber dan proses produksinya.

4. Mana yang lebih Sehat?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Garam laut memang lebih alami dan banyak mengandung mineral, tapi garam laut juga bisa mengandung zat berbahaya lantaran mengalami pencemaran air laut sebelumnya. Mineral yang ada dalam garam dapur bisa jadi sangat sedikit, tapi garam dapurjauh lebih tahan lama.

Meski Sama-sama Asin, Ini 5 Perbedaan Garam dapur dan Garam laut. (en.wikipedia.org)

 

5. Proses Pembuatan Garam Laut dan Garam Dapur

Garam dapur biasanya merupakan hasil penambangan lalu setelah itu digiling. Sementara garam laut dibuat melalui proses evaporasi atau penguapan air laut, atau bisa juga dari danau air asin.

Jadi, itulah beberapa perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari garam laut dan garam dapur. Sekarang semuanya ada di tangan kamu, mau pilih garam laut atau garam dapur. Buat kamu yang ingin membeli garam laut, bisa langsung membelinya di sini. Kamu yang ingin menambah stock garam dapur bisa langsung beli di sini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat