Kenali Label Ini Untuk Tentukan Makanan Kadaluarsa

0

Beepdo.com, Jakarta – Batasan makanan kadaluarsa sering kali membingungkan masyarakat karena banyak istilah yang ada dalam kemasan yang menandakan makanan itu aman untuk dikonsumsi. Untuk memastikan apakah makanan tersebut layak konsumsi, ada beberapa istilah label keamanan makanan.

Namun, seringkali karena kamu, kamu lupa melihat label-label ini. walhasil, makanan yang seharusnya menyehatkan dan mengenyangkan itu justru berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Mulai dari gangguan yang ringan hingga gangguan kesehatan yang serius tergantung jenis makanan yang tidak memenuhi standar layak komsumsi tersebut.

Awas makanan kadaluarsa (Poskota)

Dikutip dari Dokter Indonesia Online, ada 3 label makanan yang wajib kamu tahu:

1. Expiration date use by

Makanan Kadaluarsa (HuiZhongWen)
Makanan Kadaluarsa (HuiZhongWen)

Expiration Date adalah batas waktu makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. Jadi, kalau memakan makanan yang udah lewat dari expiration date-nya, bisa membahayakan tubuh, bisa-bisa keracunan. Expiration date biasanya tercantum pada produk makanan yang gampang membusuk, seperti produk olahan daging misalnya. Masih diperbolehkan memakan makanan tersebut apabila masih lewat sehari atau dua hari saja. Selebihnya sebaiknya harus lebih berhati hati. Lebih amannya sebaiknya dianjurkan tidak dikonsumsi.

Menurut para ahli bahan makanan tersebut masih bisa dikonsumsi dengan batasan makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi yakni karena sensory quality sudah tidak bagus. Ini tidak berbahaya dimakan menurut syarat keamanan pangan. Expired karena sensory quality, misalnya bahan makanan itu warnanya tidak cerah lagi atau teksturnya sudah tidak bagus lagi. Ini masih bisa dimakan dan tidak berbahaya, tapi kalau sudah disimpan di kalangan rumah tangga harus lebih diwaspadai. Pada dasarnya makanan kadaluarsa tidak boleh diperjualbelikan di pasaran.

2. Best in used before date

Contoh penggunaan label Best in used before date (Pinteres)

Best before (shelf-life) adalah batas waktu makanan tersebut dalam kondisi terbaik. BEST if USED BEFORE, maka tanggal yang tercantum dalam kemasan itu adalah untuk dapat merasakan rasa terbaik atau kualitas paling bagus dalam mengonsumsi makanan tersebut.

Tanda ini bukan tanggal kedaluwarsa yang artinya sudah busuk dan tidak layak makan. Dan, kita banyak tertipu di sini. Produk tersebut masih tetap dapat dimakan walaupun sudah melewati tanggal ini, tapi kesegaran dan kualitas makanan akan telah berkurang. Dengan kata lain, meski mengonsumsi makanan tersebut lewat dari tanggal yang tercantum, bakal aman saja. Hanya, kualitas dari makanan tersebut yang menurun.

Makanan kadaluarsa (Resep)

Best before biasanya ditulis lebih awal 1 atau 2 hari dari batas waktu yang sesungguhnya. Best before itu tentang kualitas, bukan keamanan. Ketika tanggalnya (batas aman makanan) terlewati, tak berarti makanan tersebut menjadi berbahaya, tapi itu pertanda bahwa rasa dan teksturnya menurun. Misalnya saja untuk makanan jenis roti yang berada di minimarket, pasti akan ada tanggal kedaluwarsanya. Sebenarnya tetap boleh mengonsumsinya lebih dari tanggal yang tertera di bungkusnya, hanya saja jangan lewat sampai berhari-hari lamanya

3. Sell By

Contoh label sell by (TheTrashBlog)

Ketika kamu menemukan produk makanan berlabel ini, kamu harus menunjukkan kepada pihak toko. Artinya, sampai kapan mereka bisa menjual produk tersebut kepada para pengecer. Bukan batas rusak atau busuknya produk. Jadi, meskipun sudah lewat tanggal ini, masih dapat dimakan, meskipun Anda tetap dianjurkan membeli makanan sebelum melewati tanggal tersebut.

Itulah label-label makanan kadaluarsa yang bisa kamu cek sebelum dikonsumsi. Segera praktikan ya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers