Masih Pandemi Corona, Forum Kesehatan Nusantara Digelar Secara Virtual

0

Beepdo.com,- Meski masih dalam situasi pandemi corona, hajatan Forum Kesehatan Nusantara (FKN) 2020 yang diselenggarakan oleh NU Circle tetap digelar, namun kini secara virtual. Lewat forum ini mengajak semua stakeholder kesehatan untuk menelaah dan menggali kembali berbagai permasalahan dalam sistem kesehatan nasional.

Pada sesi pertama FKN 2020 yang dilaksanakan Jumat (20/11), mengangkat tema “Upaya Strategis Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia”. Forum kali ini mengundang Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K), MPH sebagai Ketua Bidang Kesehatan NU Circle untuk menjadi moderator.

Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K), MPH. (Istimewa)

Tak kalah menarik, acara ini juga mengundang pembicara dari berbagai spesialisasi dan keahlian dari dalam dan luar negeri. Mereka antara lain, Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH, PhD dan Prof. Dr. Ir. Raldi Artono K.

Dalam kesempatan itu, Prof. Madarina menyampaikan poin penting bahwa risiko komplikasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berkurang jika sebelum hamil ibu sehat dan bergizi baik, selama kehamilan melakukan pelayanan antenatal ke petugas kesehatan minimal 4 kali.

“Selain itu, saat persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan yang kompeten, kemudahan dalam mengakses layanan rujukan, serta ibu dan bayi mendapatkan layanan neonatal dan nifas,” urai Madarina.

Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K), MPH. (Istimewa)

Dirinya juga menambahkan, ASI eksklusif dan MPASI merupakan intervensi terpenting untuk kehidupan bayi dan balita sehingga kekurangan gizi terutama pada 1000 hari pertama kehidupan bisa dicegah. Tak kalah penting bayi juga harus diberikan perlindungan dari berbagai penyakit dengan imunisasi lengkap.

“Tidak jarang bayi yang dilahirkan dari ibu yang memiliki masalah kesehatan misalnya bayi premature yang memerlukan perawatan intensif. Hal yang dilakukan tenaga medis terhadap bayi tersebut salah satunya adalah dengan meletakkan bayi yang baru lahir atau neonatus tersebut di dalam sebuah inkubator bayi,” jelasnya, lebih-lebih di masa pandemi corona sekarang ini

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat