Hari Guru Nasional, Sekolah Dibuka Mulai Januari 2021

0

Beepdo.com, Jakarta Hari Guru sudah di depan mata, tepatnya peringatan Hari Guru Nasional akan jatuh pada 25 November nanti. Beberapa persiapan pun telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud). Segala persiapan bisa dilihat di situs Kemendikbud.go.id.

Ada pula doa pada upacara bendera Hari Guru Nasional Tahun 2020. Seperti yang kamu sudah tahu bahwa tahun ini peringatan Hari Guru Nasional berada di tengah pandemi virus Corona. Di tengah pandemi kegiatan belajar pun dilakukan di rumah. Ada yang kangen sama upacara sekolah nggak sih?

Hari Guru Nasional, Sekolah Dibuka Mulai Januari 2021. (Freepik.com)

Semoga pandemi virus Corona segera berakhir ya dan buat kamu yang sudah kangen banget masuk sekolah, maka sepertinya harus menunggu hingga Januari 2021. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (23/11/2020), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengizinkan pemerintah daerah untuk memutuskan pembukaan sekolah atau kegiatan belajar tatap muka di sekolah di seluruh zona risiko virus Corona mulai Januari 2021.

“Perbedaan besar di SKB sebelumnya, peta zonasi risiko tidak lagi menentukan pemberian izin pembelajaran tatap muka. Tapi pemda menentukan sehingga bisa memilih daerah-daerah dengan cara yang lebih detail,” jelas Nadiem dalam konferensi pers daring dikutip dari akun YouTube Kemendikbud RI.

Nadiem menjelaskan kebijakan tersebut akan berlaku mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021. Dalam keterangannya Nadiem pun memberikan penegasan,”Pembelajaran tatap muka diperbolehkan, bukan diwajibkan.” Apakah buatmu ini menjadi kabar bahagia untuk menyambut Hari Guru Nasional pada 25 November nanti?

Sekolah Tatap Muka, Sekolah Harus Patuhi 6 Syarat

Dalam keterangannya Nadiem Makarim juga menjelaskan bahwa sekolah yang diperbolehkan menggelar pembelajaran tatap muka harus memenuhi enam syarat. Keenam syarat tersebut merupakan kewajiban sekolah untuk memenuhi dukungan sarana kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Hari Guru Nasional, Pidato Nadiem Makarim Langsung Viral. (Foto: DailyMotion)
  1. Sekolah harus memastikan sanitasi dan kebersihan toilet, tersedianya sarana cuci tangan dan desinfektan.
  2. Sekolah harus memiliki akses kepada fasilitas pelayanan kesehatan.
  3. Sekolah harus siap untuk menerapkan wajib masker.
  4. Sekolah harus memiliki thermogun.
  5. Sekolah harus melakukan pemetaan warga satuan pendidikan, harus mengetahui siapa yang memiliki komorbiditas dari guru-gurunya dan muridnya.
  6. Adanya persetujuan komite sekolah dan perwakilan orangtua wali.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.