Beepdo.com,- Ketua Umum Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) Eko Galgendu berbicara tentang rekonsiliasi ekonomi negara Indonesia dan tantangan perubahan zaman baru termasuk era pandemi covid-19. Hal ini harus menjadi perhatian bagi para pemimpin dan calon pemimpin daerah. Hal itu disampaikannya dalam diskusi Mappilu PWI bertajuk “Pilkada 2020: Mencari Pemimpin Perubahan” di Kantor PWI Pusat, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Eko meminta kepala daerah untuk waspada menghadapi siber Covid-19 dengan strategi membumi. “Rekonsilisasi ekonomi negara yang dimaksud adalah memperkuat kembali negara atau wadah yang memiliki suatu sisem ekonomi yang kuat guna menuju apa yang ingin dicapai,” ujarnya.

Virus Corona (Pixabay)

Sementara, tantangan perubahan zaman baru yang dimaksud adalah kondisi yang dihadapi dalam memenangkan perubahan sistem dan aturan ekonomi dunia yang mengalami era perubahan zaman baru.

Siber Covid-19 dimaksud adalah perang urat saraf yang memakai media propaganda untuk melakukan serangan psikologi. Mengakibatkan manusia tidak bisa berpikir secara jernih, bingung, stres dan panik menurut kehendak perancangnya.

Iwan Setiawan CEO Sritex, dalam tangakapan layar saat berbicara dalam acara diskusi Mappilu PWI. (Istimewa)

“Strategi membumi yang dimaksud di sini upaya bertahan dengan strategi gerakan membumi yaitu kerakyatan dan kebudayaan. Termasuk memaksimalkan hasil alam dan bumi, pertanian maupun perkebunan,” jelas Eko. Menurutnya jika strategi ini  diterapkan dengan baik akan meminimalisir dampak kerugian akibat pandemi covid-19.

1 of 2 Next