Beepdo.com,- Pemerintah sudah menetapkan pelaksanaan pemilukada langsung dan digelar serentak di sejumlah daerah pada 9 Desember 2020. Karena pelaksanaan pesta demokrasi ini masih dalam pandemi covid-19, peran serta masyarakat amat dibutuhkan akan sebaran virus yang sudah menelan korban jiwa itu bisa diminimalisir. Tak ada kata lain, protokol Kesehatan pultak harus dilaksanakan secara ketat.

Demikian benang merah yang bisa diambil dari webinar yang digelar  Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana Angkatan 36. Webinar yang berlangsung pada 25 November 2020 ini mengusunng tema: “Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada dimasa Pandemi COVID-19”.  Hadir sebagai narasumber dalam acara webinar ini: I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H., M.Si. dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Berton Suar Pelita Panjaitan, SKM., MHM., Ph.D., DR. Heri Budianto, S.Sos., M.Si., dan DR. Aat Surya Safaat, M.M.

Inilah tangkapan layar sebagian peserta Webinar. (Istimewa)

Webinar ini berlangsung selama 2,5 Jam dengan pembahasan yang cukup padat dari narasumber dan peserta. Banyak membahas isu aktual terkait Pilkada dan partisipasi masyarakat serta bagaimana kesiapan penyelenggara Pilkada untuk pelaksanaan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Materi dimulai dengan paparan dari Berton Suar Pelita Panjaitan, SKM., MHM., Ph.D. Berton yang menjabat sebagai Kepala Pusdiklat PB BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) memaparkan data-data perkembangan penyebaran covid-19 di Kabupaten/ Kota serta Propinsi yang nantinya akan menyelenggarakan Pilkada serentak.

Berton Suar Pelita Panjaitan, SKM., MHM., Ph.D (Istimewa)

Narasumber Kedua I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, S.T., S.H., M.Si yang merupakan Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, memberikan paparan terkait peraturan yang telah dibuat KPU guna mengatur jalannya rangkaian Pilkada serentak dimasa pandemi Covid 19.

Narsum Ketiga DR. Aat Surya Safaat, M.M yang merupakan Wartawan Senior sekaligus Asesor Wartawan Utama pada Uji Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (UKW-PWI) memberikan materi terkait peran media dalam meningkatkan partisipasi publik pada Pilkada di masa pandemi covid-19.

1 of 2 Next