Noken Papua Muncul di Google Doodle Hari Ini

0

Beepdo.com, Jakarta Google Doodle memunculkan gambar yang berbeda hari ini, Jumat (4/12/2020). Kali ini Google Doodle spesial memperlihatkan Noken Papua. Gara-gara itu pula kini Noken Papua menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak dicari di Google. Lalu apakah sebenarnya Noken Papua?

Noken Papua adalah tas dari provinsi Papua. Noken Papua sendiri merupakan tas yang terbuat dari bahan seperti serat pohon atau daun, yang diproses menjadi benang yang kemudian lalu diikat atau dianyam menjadi satu hingga bisa menjadi tas dan dapat digunakan sehari-hari oleh masyarakat Papua untuk membawa berbagai macam barang.

Noken Papua memang bukanlah tas sembarang, tak heran jika 4 Desember menjadi momen yang sangat penting bagi keberadaan tas rajut tradisional asal Tanah Mutiara Hitam yang mengandung nilai sejarah tersebut. Sejak 4 Desember 2012 lalu UNESCO telah menetapkan kalau Noken Papua merupakan Warisan Budaya Tak Benda atau Intangible Cultural Heritage.

Noken Papua Muncul di Google Doodle Hari Ini. (Shopee.co.id)

Dilansir dari Kemdikbud, penetapan Noken Papua sebagai warisan dunia tidak lepas dari perjuangan seorang Ketua Lembaga Ekologi Papua Titus Chris Pekey. Pada 4 Desember 2012, Titus mendampingi Prof Wiendu Nuryanti, Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2011-14) di Paris, Perancis, tempat penetapan Noken Papua sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

UNESCO pun ternyata menyambut baik pengajuan Noken Papua hingga akhirnya Noken Papua berhasil menyusul Wayang, Keris, Batik, Angkklung dan Tari Saman sebagai warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh UNESCO. Perlu kamu ketahui bahwa Noken Papua hanya boleh dibuat oleh wanita asli Papua.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat