Vaksin Corona Tiba di Indonesia, tapi Belum Bisa Langsung Digunakan

1

Beepdo.com, Jakarta Vaksin Corona, Covid-19 akhirnya sudah tiba di Indonesia. Vaksin virus Corona tersebut tiba melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Seperti yang terlihat dalam siaran langsung di akun YouTube Setpres, Minggu (6/12/2020), vaksin tersebut dibawa dengan pesawat Boeing 777-300ER.

Vaksin yang datang tersebut merupakan buatan dari Sinovac, totalnya ada 1,2 juta vaksin yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 21.20 WIB. Presiden Joko Widodo berharap kedatangan vaksin tersebut bisa mencegah jumlah penyebaran virus Corona di Tanah Air. “Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji klinis di Bandung sejak Agustus 2020,” jelas Jokowi dalam keterangan pers, Minggu (6/12/2020).

Namun lebih jauh Presiden Jokowi menjelaskan bahwa sejumlah vaksin yang juga akan tiba di Tanah Air belum bisa langsung digunakan lantaran vaksin harus terlebih dahulu melewati tahapan di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk lebih menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Vaksin Corona Tiba di Indonesia, tapi Belum Bisa Langsung Digunakan. (Freepik.com)

Vaksin Covid-19 itu baru bisa digunakan setelah mendapatkan izin edar atau persetujuan penggunan pada masa darurat atau emergency use authorization (EUA). Selain itu Presiden Jokowi juga menjelaskan proses vaksinasi juga tidak mungkin dilakukan secara serentak. Untuk itu ia meminta masyarakat mengikuti pengumuman dan petunjuk dari pemerintah.

“Tidak memungkinkan vaksinasi secara serempak, untuk semua penduduk, saya harap mengikuti pengumuman dan petunjuk-petunjuk dari petugas yang saat ini sudah menyiapkan vaksinasi,” ungkap Jokowi. Sementara itu, sebelumnya BPOM sendiri mengatakan bahwa rencana vaksin Corona tertunda hingga Januari 2021 karena belum bisa diberikan EUA.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat