5 Makanan Khas Sumatra Barat, Nomor 4 Bikin Stamina Kamu Bertambah

0

Beepdo.com, Jakarta – Makanan khas Sumatera Barat sudah terkenal kelezatannya di seantero tanah air. Jadi, sangat disayangkan kalau berkunjung ke Ranah Minang tanpa mencoba kelezatan kulinernya.

Ada cukup banyak kuliner khas Sumatera Barat yang bisa dirasakan. Jika berkesempatan mengunjungi Padang dan sekitarnya, lima kuliner di bawah ini tidak boleh kamu lewatkan.

1. Rendang

Rendang (Waktuku)

Siapa tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Hampir semua masakan Padang yang tersebar di seluruh Indonesia, pasti ada menu yang berbahan dasar daging ini. Jika kamu sempat berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat, kamu harus datang ke restoran Simpang Raya yang berada tepat di samping lapangan jam gadang. Restoran ini merupakan kedai Simpang Raya pertama di Indonesia, sebelum membuka cabang di berbagai daerah. Di sini kamu bisa menikmati rendang kering berwarna coklat yang rasa pedasnya pas dan menggugah selera.

2. Nasi Kapau

Nasi Kapau (PengusahaSukses)

Nasi kapau mengambil nama dari wilayah asalnya, Kapau, Sumatera Barat.
Berbeda dengan nasi padang pada umumnya, makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan dilengkapi dengan lauk pauk khas Kapau, serta tak ketinggalan gulai nangka yang menjadi ciri khas nasi kapau.
Nasi kapau paling terkenal di Sumatera Barat dapat dijumpai di Pasar Lantai Wisata Lantai Dasar, Bukittinggi.

3. Ayam Pop

Ayam pop (SatuJam)

Ayam pop adalah jenis olahan ayam yang direbus dengan air kelapa. Sama seperti rendang, ayam pop merupakan sajian khas Sumatera Barat yang juga sering dijumpai di restoran padang di seluruh Indonesia. Di balik tampilannya yang terkesan polos dan sederhana, ayam pop memiliki cita rasa gurih yang tak ada duanya. Apalagi jika dipadukan dengan sambal merah yang biasa mendampinginya.

4. Teh Talua

Teh Talua (tastemade)

Sesuai dengan namanya, teh talua adalah minuman khas Minangkabau yang mencampurkan teh dengan talua — telur dalam bahasa Minang — yang kemudian ditambahkan gula untuk menciptakan rasa manis. Dalam sejarahnya, teh talua biasanya diminum oleh para petani untuk menambah stamina mereka. Namun saat ini teh talua dapat dijumpai di warung-warung maupun restoran yang menjual masakan khas Sumatera Barat.

5. Sate Padang

Sate padang (Khasiat)

Sate padang adalah sate khas minangkabau yang terdiri daging, lidah, atau usus sapi, yang diberi bumbu pedas. Setiap daerah memiliki kekhasannya tersendiri, seperti sate padang yang berasal dari daerah Padang Panjang bumbunya berwarna kuning, sedangkan sate dari Pariaman bumbunya berwarna merah.

Itulah 5 makanan khas Sumatera Barat yang perlu kamu tahu. Tapi tentu saja, kamu tidak boleh ketinggalan untuk makan di tempat asalnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers