5 Tempat Wisata Ini Dulunya Bekas Bencana, Nomor 4 Kamu Tak Akan Menyangka

0

Beepdo.com, JakartaBencana pasti selalu membawa duka dan kesedihan yang mendalam. Tapi kalau sudah rencana dari Tuhan Yang Maha Esa, kita hanya bisa berserah diri dan mengambil hikmah dari bencana tersebut.

Seperti yang kita tau, bahwa setiap bencana selalu ada hikmah setelahnya. Nah, 5 tempat di Indonesia ini sukses mengambil hikmah dari bencana yang terjadi dengan menyulapnya menjadi tempat wisata yang keren! Penasaran apa aja sih tempat wisata yang dulunya ternyata bekas bencana alam? Simak kuy.

1. Danau Toba

Danau Toba (TheJakartaPost)

Salah satu danau terbesar di Indonesia adalah Danau Toba. Terletak di Sumatra Utara, Danau Toba ini dulunya adalah gunung berapi yang meletus sekitar 75.000 tahun yang lalu guys. Konon, letusan Toba ini menjadi yang terbesar dalam sejarah geologi dengan indeks ledakan vulkanis mencapai angka tertinggi 8 letusan. Saat ini Danau Toba menjadi destinasi wisata alam terindah lho. Udah pernah ke sana?

2. Monumen Kapal Tsunami Aceh

Monumen Kapal Tsunami Aceh (Brilio)

Kamu pasti masih ingat dengan tragedi tsunami di Aceh tahun 2004? Semua masyarakat dunia ikut berduka dengan bencana alam ini. Menariknya, dari sekian banyak puing-puing bekas tsunami, ada kapal yang terseret sampai mendarat di atas rumah warga lho. Nah, dengan adanya kapal itu, Pemerintah pun akhirnya menjadikan kapal tersebut sebagai monument peringatan bencana tsunami. Spot yang juga keren nih buat foto.

3. Wisata Lumpur Lapindo

Patung-patung manusia lumpur di area tanggul kolam penampungan lumpur Lapindo (VOAIndonesia)

Salah satu bencana yang juga sangat memprihatinkan adalah lumpur lapindo. Bencana ini pada awalnya menyemburkan lumpur panas yang diduga akibat kesalahan pengeboran PT Lapindo. Dalam sehari, lumpur panas yang menyembur bisa mencapai 7 juta kubik! Bahkan hingga 11 tahun berlalu, lumpur panas ini masih mengeluarkan semburan. Hal ini menyadarkan masyarakat hingga akhirnya berinisiatif membuat patung-patung sebagai pengingat bahwa banyak nyawa yang dirugikan akibat terendam lumpur.

4. Pulau Sarinah

Pulau Sarinah (JelasBerita)

Semburan Lumpur Lapindo yang tiada henti, membuat pemerintah mau tak mau memilih cara untuk membuang aliran lumpur ke sungai. Walaupun akhirnya banyak ikan yang mati, namun setelah beberapa tahun berlalu, endapan buangan lumpur ini membentuk sebuah delta di muara sungai.
Ngga disangka lho kalau endapan seluas 80 hektar ini ternyata cukup kuat untuk di pijak. Supaya tidak terlalu gersang, warga pun berinisiatif menanam beberapa tanaman, yang ternyata bisa tumbuh subur. Luar biasa ya, berawal dari bencana alam, akhirnya bisa membentuk pulau cantik yang diberi nama Pulau Sarinah.

5. Rumah Teletubies, Jogja

Rumah Dome di DI Yogyakarta (SuperAdventure)

Masih ingat dengan gempa bumi yang terjadi di Jogja tahun 2006 lalu? Akibat bencana ini, banyak relawan dan peneliti dari luar negeri yang berinisiatif membuat rumah anti gempa untuk para pengungsi. Tapi, kenapa rumah anti gempanya dibuat kaya rumah Teletubbies ya? Rumah anti gempa ini dianggap menarik banget, akhirnya banyak wisatawan deh yang datang untuk berkunjung.

Itulah 5 tempat wisata yang dibangun setelah bencana alam terjadi. Gimana guys, nggak nyangka ya tempat yang awalnya penuh duka yang mendalam, saat ini bisa jadi tempat wisata yang kece dan wajib kamu kunjungi. Ada yang udah pernah coba ke sana?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers